ESDM Minta Setoran Royalti Tambang Naik

Kendari Pos 2009-07-16/Ekonomi & Bisnis Hal 3

Jakarta– Pemerintah kembali mengupayakn optimalisasi penerimaan negara dari sektor tambang. Kali ini, mereka berencana meminta kenaikan setoran royalti dari perusahaan tambang.

Staf khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Simon Sembiring menyatakan, upaya meminta kenaikan setoran royalti masih ada dalam koridor kontrak.

“Kami akan negoisasi minta kenaikan “, ujarnya setelah melakukan pembahasan rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) UU tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba), kemarin.

Menurut ia, negoisasi akan dilakukan dengan semua perusahaan tambang, baik mineral maupun batu bara, yang saat ini sudah beroperasi.

“Misalnya Freeport dan Newmont. Kita akan minta mereka menaikkan setoran royalti ke pemerintah”, katanya.

Selama ini, nilai setoran royalti perusahaan tambang mineral sangat beragam, tergantung kesepakatan pada saat pembahasan Kontak Karya (KK) dan kandungan mineral yang ditambang.

Namun, rata-rata besarannya di bawah 5 persen. Sedangkan royalti perusahaan tambang batu bara disetor oleh pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B), dalam bentuk Dana Hasil Penjualan Batu Bara (DHPB). Rata-rata sebesar 13,5 persen dari hasil tambang.

Simon menyatakan, dalam UU Minerba yang baru, ada ketentuan untuk tidak mengutak-atik soal keuangan. Meski demikian, sebagai partner kerja, pemerintah bisa saja berinisasi untuk mengajak negoisasi guna meminta kenaikan setoran royalti.

“Sah saja kalau kita meminta. Toh mereka juga banyak meminta. Lagi pula, ini dasar hukumnya lebih tinggi, yakni UUD 1945.

Selain itu, dalam kontrak juga disebutkan, jika pemerintah meminta kenaikan setoran royalti, maka perusahaan wajib melakukan kalkulasi finansial.

“Jika setelah dihitung mereka tidak sampai rugi, maka tidak ada alasan untuk menolak”, jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: