Potensi Rumput Laut di Baubau Dapat Perhatian Dunia

Media Sultra 2009-07-15/Daerah: hal 7

Baubau– Potensi rumput laut di Kota Baubau yang sangat besar dan beragam kini terus menjadi perhatian investor baik dalam maupun luar negeri.

Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan terus meningkatkan produksi maupun pembibitan sehingga berpengaruh positif dengan kesejahteraan petani rumput laut.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Baubau Ir Sumardjo, MM melalui Kabid Produksi DKP Kota Baubau Andi Hamza Mahmud, S.Sos, M.Si kemarin mengungkapkan, sebagai wujud perhatian pemerintah Kota Baubau, berbagai program dilakukan sehingga produksi dan mutu tetap menjadi perhatian.

“Proyek percontohan pengembangan budidaya rumput laut di Palabusa merupakan bagian program peningkatan produksi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkpanya.

Berbagai program dan terobosan pemerintah Kota Baubau berhasil menarik minta dan perhatian dari provinsi dan pusat. Bahkan, salah satu LSM USAID dari Amerika tertarik dan siap memberikan bantuan dan perhatian lebih terhadap potensi rumput laut di Baubau.

Untuk tahun ini, pembuatan rakit rumput laut nebdapat subsisdi dari pemerintah pusat.

Tahun 2010, Pemkot Baubau akan mendapat dana pengembangan budi daya rumput laut. Alokasi anggarannya mencapai kurang lebih Rp 1 Miliar. Dana tersebut untuk modal usaha dan pembuatan bibit kepada petani rumput laut.

“Dari tiga daerah di Indonesia Kota Baubau terpilih menjadi salah satu Kota yang mendapat bantuan tersebut. Bahkan, Dirjen Budidaya DKP sudah menyetujuinya”, ungkapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: