Listrik dan Asap Sengsarakan Warga Pekanbaru

Media Indonesia 2009-07-15/News Up Date

Pekanbaru: Listrik padam dan kabut asap yang pekat hingga memenuhi ruangan rumah, Rabu (15/7) pagi, membuat warga Pekanbaru tersiksa selain kegerahan karena tidak dapat menghidupkan penyejuk udara juga udara berbau asap.

“Kami benar-benar tersiksa. Listrik mati, rumah penuh pula kabut asap dan bau. Entah dimana dapat menghirup udara segar,” uja Siska, 40, seorang warga di perumahan Kuantan Jaya, Kelurahan Sekip, Pekanbaru. “Saat mengantar anak ke sekolah, jalan tidak terlihat jelas karena kabut asap. Pulang ke rumah listrik padam, udara menjadi panas dan bau asap.”

Perasaan tersiksa karena istrik padam dan udara kotor juga dialami Manila Hayati, 34, juga warga perumahan Kuantan Jaya yang sedang hamil tujuh bulan.

Ia mengaku, napasnya makin sesak karena udara berkabut asap dan amat gerah karena tidak dapat menghidupkan penyejuk udara akibat listrik padam.
Meski ia memiliki mesin diesel untuk menghidupkan listriknya, namun tidak dipergunakan karena habis minyak dan suaranya yang membuat tidak nyaman.

“Dalam satu hari delapan kali mati, siang malam. Tak sanggup juga terus menerus begini, udahlah suara dieselnya bising sangat tidak nyaman apalagi sedang kondisi hamil berat begini,” kata Manila.

Dalam sepekan terakhir pemadaman listrik di ibu kota Provinsi Riau makin parah karena dalam satu hari terjadi delapan kali dengan durasi yang lama.

Akibat matinya listrik tersebut aktivitas warga terganggu. Mereka tidak dapat mempergunakan mesin cuci dan menyetrika pakaian, begitu juga pekerjaan rumah tangga lainnya.

Kebakaran semak belukar di lahan-lahan kosong yang terdapat di Kota Pekanbaru makin memperparah kondisi udara kota tersebut yang sejak dua bulan terakhir tertutup kabut asap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: