Emas Ghonsume Raha Masih Gelondongan

Kendari Ekspres 2009-07-15/Halaman Utama

Mirip Emas di Timika Papua

Raha- Emas bukit Ghonsume tidak bisa di dulang. Kecuali dibor. Itu kata Kepala Dinas Pertambangan, Drs La Ode Hanafi. Dikatakan agak sulit menggalinya secara manual karena emas itu jauh di bawah tanah.

Lagipula karakter medannya keras berbatu.Diduga emas itu masih dalam bentuk gelondongan, gunung emasnya belum pecah berantakan seperti di Bombana.

Di Bombana akibat pergeseran-pergeseran di dalam bumi, rumah emas itu pecah, dan tersebar kemana-mana dalam radius yang luas sehingga bisa jadi di kolong rumahpun dapart saja ditemukan emas.

Tapi di Ghonsume kemungkinan karakternya mirip penemuan emas di Timiki, Papua. Di Timika, emas masih terhimpun utuh membentuk rumah emas.

Tidak heran lokasi penambangan hanya radius 400 ha kali 600 hektar, seperti sumur emas yang depositnya jauh menjurus ke dalam bumi. Hingga hari ini cadangan emasnya belum habis dikeruk.

Pantauan Kendari Ekspres di Ghonsume, Kemarin (14/7) siang, suasana masih sepi. Kemungkinan hujan secara kontinyu yang mendera kota Raha dua hari berselang, menjadi penyebabnya.

Hanya bekas-bekas penggalian yang meninggalkan jejak berupa lubang yang dalam di bukit, menandakan usaha penggalian terus berlanjut.

Penduduk sekitar menerangkan sejumlah pemburu emas semisal dari Kalimantan dan papua, sebagian sudah pulang. Namun masih ada pemburu emas asal Manado yang masih tinggal dan terus melakukan perburuan.

Tempatnya menggali, kini sudah membentuk sumur dengan kedalaman kurang lebih 10 meter. Masih banyak sumur lainnya, bahkan ada yang membangun kemah didekat sumur galiannya. Salah satunya mantan atlit karateka nasional, Sarmada, yang kebetulan warga setempat dan berdomisili disana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: