Belasan Investor Lirik Pertambangan di Poso

Media Indonesia 2009-07-15/News Up Date

Poso– Sebanyak 13 calon investor dalam dan luar negeri berencana garap sektor pertambangan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dan sebagian di antaranya segera merealisasikan kegiatannya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Poso Ari T Santo di Poso, Selasa (14/7), mengatakan belasan calon investor tersebut berencana menggarap berbagai potensi sumber daya mineral, di antaranya emas, bijih besi, dan nikel. Khusus cadangan emas, katanya, tersebar di beberapa lokasi.

“Namun besar kemungkinan yang segera digarap yaitu yang berada di Kecamatan Lore Utara dan Kecamatan Lore Selatan,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, berdasarkan hasil penyelidikan umum, cadangan emas di sepanjang Sungai Tomalindo, Kecamatan Lore Utara, tersebar pada areal seluas 2.402 hektare dengan kandungan 3,58 gram per 100 kilogram bongkahan tanah.

Cadangan mineral lain yang segera digarap yaitu bijih besi yang terhampar pada areal seluas ribuan hektar di Desa Tagolu, Kecamatan Lage.

Menurut hasil penelitian, cadangan bisi besi di desa ini mencapai 229.000 ton dan dapat digarap hingga puluhan tahun. Ari juga mengatakan, sebagian calon investor tersebut saat ini sudah dan sementara mengurus izin kuasa pertambangan, dan sebagian lainnya telah mengajukan permohonan izin eksplorasi sekaligus melakukan studi analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) untuk mempercepat kegiatan eksploitasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: