Polisi Tahan 20 Gurandil

Kompas 2009-07-14/E-paper; Metropolitan : hal 27

Bogor – Aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor menahan 20 orang penambang emas tapa izin atau gurandil, Senin (13/7).

Mereka yang sebagian besar warga Lebak, Banten, tersebut disangka memasuki wilayah pertambangan dan mencuri batuan berkadar emas milik PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.

Kepala Polres Bogor Ajun Komisaris Besar Suntana kemarin mengatakan, yang menahan para gurandil pada hari Minggu (12/7) malam adalah petugas keamanan PT Antam.

”Menurut mereka para gurandil tersebut tertangkap tangan. Pada saat itu, para gurandil sedang melakukan aktivitas menambang di lahan pertambangan Antam. Pada saat itu, mereka langsung diamankan,” paparnya.

Barang bukti

Kepala Unit I Satuan Reserse Kriminal Inspektur Satu B Subandrio mengatakan, pihak Antam yang menyerahkan dan melaporkan perbuatan 20 orang tersebut adalah Manajer Keamanan PT Antam Sudarto.

Bersamaan dengan penyerahan para gurandil tersebut, diserahkan pula sejumlah pahat, linggis, karung plastik, dan sepatu milik para gurandil sebagai barang bukti.

”Karung-karung berisi batuan yang diduga mengandung bijih emas itu belum kami terima sebagai barang bukti. Jadi, kami tidak tahu berapa banyak bahan baku emas itu yang sudah diambil atau dikarungi para tersangka,” kata Subandrio.

Meski demikian, lanjut dia, barang bukti, seperti pahat dan linggis, sudah mengindikasikan ke-20 orang laki-laki tersebut mencoba melakukan kejahatan (Pasal 53 KUHP).

Apalagi, mereka ditangkap malam hari di Lubang Hamerang, Blok Cepu, yang akan menembus level 3 pertambangan Antam di Pongkor, Kecamatan Nanggung.

”Para gurandil tersebut kami tahan dan mereka dikenakan Pasal 53 KUHP jo Pasal 363 KUHP (pencurian dengan pemberatan). Ancaman pelanggaran pasal ini paling lama sembilan tahun penjara,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: