Empat Investor Mengundurkan Diri

Kendari Pos 2009-07-14/Bumi Anoa: hal 5

Kasipute–Jumlah investor yang berniat mengolah tambang emas di Bombana terus bertambah. Sampai kini sudah 18 penanam modal yang masuk di daerah itu. Tapi jumlah tersebut, ternyata tidak semuanya aktif.

Bahkan empat diantaranya memilih mundur meski telah mengantongi izin Kuasa Pertambangan (KP).

Menurut Kadis Pertambangan dan Energi Bombana, Ir Cecep Trinajayadi MM, menyebutkan empat investor yang mengundurkan diri itu adalah PT Cakrawala Bumi Asri Timur, PT Mega Cipta Kharisma Alam, PT Citra Nuansa Selaras serta PT Duta Nusa Utama Raya.

Sebelum mengundurkan diri, telah mengantongi izin KP dengan luas wilayah yang berbeda-beda. PT Cakrawala Bumi Asri Timur, dan PT Citra Nuansa Selaras adalah dua perusahaan yang diberikan luas wilayah masing-masing  1262 hektar dan 1497 hektar untuk melakukan kegiatan eksplorasi di Poleang Uara. Begitu juga PT Duta Nusa Utama Raya, dan PT Mega Cipta Kharisma Alam.

Sesuai izin eksploitasi yang diberikan, dua perusahaan ini bisa mengelolah tambang emas di kecamatan Rawotu dengan luas wilayah 2000 dan 1453 hektar.

Menurut Cecep, sesuai suarat pengunduran yang diterima pihaknya, empat perusahaan ini memilih tak beroperasi karena wilayah kuasa pertambangannnya yang diberikan tidak mengandung deposit emas.

‘Itu sesuai hasil eksplorasi yang mereka lakukan” ungkapnya.

Dengan mundurnya empat perusahaan itu, maka tinggal 14 investor yang masih aktif. Dari jumlah  ini, 12 diantaranya masih melakukan tahap eksplorasi, sedangkan dua  lainnya, PT Panca Logam Makmur, dan PT Tiram Indoensia justru sudah melakukan tahapan eksploitasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: