Di Porong, Dua Rumah Ambles "Ditelan Bumi"

Kompas 2009-07-14/Regional: Jawa

Porong —Dua bangunan rumah berukuran sekitar 3 x 4 meter milik Oki Andrianto warga RT 03 RW 01 Desa Siring, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, tiba-tiba ambles ke dalam tanah, dan hilang dari permukaan, Selasa siang, sekitar pukul 11.50 WIB.

Diduga, insiden ini terjadi akibat penurunan permukaan tanah akibat semburan lumpur yang sudah terjadi sejak Jumat, 26 Juni lalu, di lokasi rumah tersebut.

Menurut Kepala Divisi Gas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Dodie Irmawan, penurunan permukaan tanah menyebar ke sekitar lokasi dan menimbulkan rekahan tanah, hingga berakhir pada kejadian itu.

Pada saat kejadian tersebut, sempat terdengar suara retakan, dan disusul bunyi gemuruh reruntuhan bangunan yang terbuat dari dinding bata, masuk ke dalam tanah. Peristiwa ini sempat menimbulkan kepanikan terhadap warga di sekitar rumah.

Kepanikan paling terasa di rumah salah satu warga yang terletak di seberang rumah Oki, milik Siti Hidayatul. Kedua rumah itu berseberangan kira-kira 10 meter.

Kini, permukaan tanah di halaman rumah itu pun mulai terlihat menurun. Dinding rumah juga sudah terlihat retak-retak. Siti dan keluarga siang ini mulai mengungsikan barang-barang dari dalam rumah tersebut.

Saat berita ini diturunkan, warga masih berkumpul di sekitar lokasi kejadian, dan belum ada aparat yang melihat lokasi ini selain Camat Porong Syaiful Aji yang baru saja datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: