Butuh Keterlibatan Semua Pihak

Kendari Ekspres 2009-07-14/Baubau Ekspres: hal 9

Penyelamatan Sumberdaya Kelautan Perikanan Wakatobi

Wangi-Wangi – Upaya penyelamatan sumberdaya kelautan perikanan di Kabupaten Wakatobi membutuhkan keterlibatan semua pihak. Mulai dari pemerintah, LSM, tokoh masyarakat bahkan masyarakat umum itu sendiri.

Kaitannya dengan ini, beberapa bulan kedepan Pemda Wakatobi merencanakan untuk mengundang beberapa Bupati dan Walikota yang berbatasan langsung dengan Wakatobi, termasuk para Bupati se Sultra. Bahkan ada beberapa Bupati dari Negara Phlipina.

Dalam pertemuan ini, akan dilakukan pembicaraan pengelolaan sumberdaya kelautan perikanan secara bersama-sama. Mengingat dalam pengelolaan ini masyarakat nelayan tak mengenal batasan administrasi daerah dalam melakukan penangkapan ikan.

“Kita hadirkan mereka disini dan kita sampaikan pada mereka kebijakan apa yang telah kita tetapkan dalam pengelolaan kelautan perikanan kita, sehingga mereka dapat memberikan dukungan,” kata Kepala Bappeda Wakatobi, Ir Abdul Manan MSc.

Hal ini diungkapkannya saat mewakili Bupati Wakatobi Ir Hugua pada pembukaan perteuan Fasilitasi dan Pemanfaatan Kelembagaan Kawasan Konservasi di Kabupaten Wakatobi. Senin (13/7) kemarin di Aula Hotel Wakatobi Kota Wangi-Wangi.

Kegiatan ini dilaksanakan langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra. Kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi.

Hadir sebagai peserta perwakilan instansi terkait se Kabupaten Wakatobi, para Kapolsek, Camat se Kabupaten Wakatobi, personil Taman Nasional Wakatobi, dan perwakilan sejumlah LSM.

La Ode Ridwan Bolu A.Pi Msi yang juga selaku Kasubdin pengawasan DKP Sultra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesamaan presepsi antara pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten dengan pemerintah kecamatan dan desa serta seluruh tingkat stake-holder dalam menetapkan arah dan kebijakan model pengelolaam kawasan konservasi.

Sehingga diharapkan menghasilkan kesamaan presepsi mengenai pengembangan dan pengelolaan kawasan konservasi di Wakatobi serta adanya perpaduan dan kerjasama multi pihak dalam upaya pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir dan laut yang tidak ditetapkan sebagai kawasan konservasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: