Bukit Ghonsume Positif Mengandung Emas

Kendari Ekspres 2009-07-14/Halaman Utama

Ini Hasil Penelitian Laboratorium di Bandung


Raha- Bukit Ghonsume positif mengandung emas. Demikian Kepala Dinas Pertambangan, Drs La Ode Hanafi, Kemarin (13/7) siang. Hanafi mengutip hasil penelitian dari sampel yang dibawa ke laboratorium di Bandung.

“Lebih lengkapnya setelah staf saya tiba besok (hari ini,Red) dari Bandung. Sekarang sementara dalam perjalanan pulang. Dari hasil lab itu, terang Hanafi, semuanya akan dijelaskan detail termasuk deposit emas yang dikandung bukit Ghonsume.

Hasil lab itu, ujar Hanafi, senafas dengan hasil pengolahan dua karung tanah volume 25 kilogram yang dibawanya ke Kendari untuk diuji secara manual oleh pedagang emas.

“Setelah didulang, mengandung 3 gram emas tapi dalam bentuk serbuk,” ungkapnya.

Menyusul hasil positif itu, Hanafi menegaskan pihaknya segera merancang penataan dikawasan itu. Masih dipikirkan metode pengelolaan yang baik agar tidak terjadi keributan yang mungkin berdampak pada kehilangan nyawa.

Sebagaimana diketahui, penemuan emas ini pertamakali didengungkan Drs. La Dame, pensiunan guru dan mantan kepala sekolah yang kemudian terjun ke politik.

Menurut La Dame, penemuan ini diawali oleh mimpinya bertemu orang tua yang memberitahukan kepadanya bahwa di lahan kebunnya itu mengandung emas.

Berita ini segera tersiar dari mulut kemulut yang kemudian mengundang heboh penduduk sekitar. Berita itu bahkan sampai ke telinga pemburu emas di Bombana, Manado, Kalimantan dan bahkan Papua.

Beberapa diantaranya sempat mengeksplorasi secara manual untuk membuktikan kebenarannya. Pada awalnya, Ghonsume sempat ramai didatangi orang melakukan penggalian.

Warga setempat bahkan sempat membuat palang masuk lalu meminta pajak masuk sebesar Rp 5 ribu. Hasil pantauan Kendari Ekspres mendapati keramaian di bukit Ghonsume bukan sekedar pemburu emas melainkan pedagang rokok, makanan dan minuman. Tentu saja harganya berlipat ganda dari harga normal. Roti, misalnya, dijual Rp 1000 perbiji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: