Pemkot Butuh 20 Kapal Penyedot Lumpur

Kendari Ekspres 2009-07-13/Ibukota: hal 6

Kendari– Upaya Pemkot utnuk menyedot sedimentasi lumpur Teluk Kendari rupanya tidak cukup hanya dengan dua kapal pengeruk yang ada sekarang.

Menurut Walikota Kendari, Ir Asrun setidaknya 17-20 kapal dibutuhkan untuk mengeruk sedimentasi lumpur di Teluk Kendari yang diperkirakan berjumlah jutaan kubik itu.

“Untuk saat ini kita fokus dulu pada pengeoperasian dua kapal yang terus kita uji coba. Kalau sudah berhasil baru kita rencanakan untuk penambahan kapal”, ungkapnya saat ditemui akhir pekan lalu.

Ia memastikan bahkan ada dua kapal pengeruk yang telah selesai menjalani uji coba trial dan error tersebut sudah berfungsi dengan baik. Kendala yang ada saat ini adalah pembuatan kurungan lumpur atau cover damnya.

Asrun telah menginstruksikan Dinas PU Kota untuk merinci anggaran yang harus disiapkan untuk pembuatan kurungan lumpur tersaebut.

“Belum kita tahu berapa anggarannya, masih saya suruh hitung supaya kita siapkan,” jelasnya.

Kurungan lumpur atau cover dam yang dimaksud oleh Walikota tersebut akan dikombinasikan dari jelaja dan tanah, yang nantinya bentuknya seperti empang. Sistem kerjanya, cover dam tersebut dibuat kemudian lumpur yang bercampur air hasil sedotan kapal dikurung dalam wadah itu, kemudian dipompa masuk.

“Harus kita kita endapkan dulu lumpurnya agar bisa berpisah dengan air. Juga cover dam ini kita buat supaya endapan lumpur yang sudah disedot tidak terganggu dengan ombak sehingga endapannya bisa sempurna”, paparnya.

Walikota juga belum bisa memastikan kapan penyedot lumpur tersebut beroperasi, karena kendala masih berlangsungnya ujicoba trial and error, juga ada kendala waktu pembuatan kurungan lumpur yang memakan waktu yang lama.

Termasuk pelatihan para operator kapal penyedot lumpur yang belum juga selesai. “Yang jelas kapal penyedot ini adalah barang jadi, kita tunggu saja,” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: