PBM Dorong Partisipasi Masyarakat Wakatobi

Kendari Ekspres 2009-07-13/Baubau Ekspres: hal 9

Wakatobi–La Ode Mansyur Konsultan CBM Coremap II Kab. Wakatobi mengatakan, Pengelolaan Berbasis Masyarakat (PBM) adalah sistem pengelolaan sumberdaya laut yang mendorong partisipasi masyarakat didaerah pesisir dan kepulauan lokasi pelaksanaan COREMAP II Kabupaten Wakatobi.

Menurut Mansyur, tujuan umum PBM sesungguhnya adalah untuk mengurangi tekanan terhadap sumberdaya laut dan ekosistem terumbu karang, agar dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Diungkapkan, pengelolaan terumbu karang berbasis masyarakat perlu didukung oleh data yang akurat mengenai pendataan kapal, perahu, alat tangkap dan kegiatan budidaya di lokasi Coremap II kab. Wakatobi.

Sehingga, terkendalinya komponen pendukung program seperti kapal ikan, alat tangkap dan daerah penangkapan, serta untuk mendapatkan Data Base dari masing-masing komponen Program COREMAP II Kab. Wakatobi.

Disamping itu, untuk membuat data base dan melakukan registrasi dan pengendalian komponen pengelolaan sumberdaya terumbu karang berbasis masyarakat (perikanan tangkap dan budidaya laut) sebagai pendukung program coremap II Kab. Wakatobi.

Lebih lanjut dijelaskan Mansyur, kegiatan PBM telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2009 di 40 desa dan 8 kecamatan lokasi program COREMAP II Kab. Wakatobi. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersedianya Data Base perikanan tangkap dan budidaya laut di kabupaten Wakatobi yang dapat dijadikan acuan dalam perencanaan kegiatan.

Kemudian terkendalinya komponen Perikanan Tangkap (kapal ikan, alat tangkap dan daerah penangkapan) dan budidaya laut di lokasi COREMAP II Kab. Wakatobi;

Serta tercatatnya administrasi dalam pemberian SIUP, SIPI dan SIKPI pada usaha perikanan tangkap dan budidaya laut di lokasi program COREMAP II Kab. Wakatobi.

Oleh sebab itu, diharapkan akan berdampak pada berkurangnya kegiatan destruktif fishing/tekanan terhadap sumberdaya terumbu karang dengan informasi data yang jelas dan tepat kepada masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya mata pencaharian alternatif dengan kegiatan budidaya laut .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: