Dana Rp 7 Miliar Habis

Kendari Pos 2009-07-13/Bumi Anoa: hal 5

Untuk Mengusir Pendulang Illegal

Kasipute–Pengosongan emas Bombana bukan hanya menguras tenaga ratusan personil kemanan, kegiatan “mengusir” pendulang illegal selama ini, ternyata juga sudah menghabiskan dana sekitar Rp 7 miliar meski nyatanya, hasil yang diperoleh tak maksimal  karena masih ada juga penambang yang berhasil masuk menyusup.

Subhan Tambera, Wakil Bupati Bombana menyatakan hal itu ketika memimpin rapat bersama Muspida dan investor emas di kantor Bupati Bombana, beberapa waktu lau.

Subhan mengaku dana miliaran rupiah yang digunakan untuk pengosongan tambang selama ini sebagaian besar bersumber dari pendapatan yang diperoleh dari pengurusan kartu izin masuk tambang (KIMP).

Selain itu ada juga bantuan dari pemerintah provinsi sekitar ratusan juta rupiah. Dana ini digunakan saat penyisiran tahap ke dua, awal Juni lalu.

Sayang, ia tidak merinci pasti alokasi penggunaan dana miliaran itu.

“Untuk pengelolaan dananya diserahkan di beberapa dinas terkait. BBM misalnya, penanggunjawabnya diserahkan di Dinas Pertambangan.

Jadi, setiap kali ada penyisiran instansi inilah yang bertanggungjawab untuk  bahan bakar yang digunakan personil penertiban tambang.

Sesuai catatan koran ini, selama adanya tambang emas, wilayah kaya serbuk logam ini berkali-kali dikosongkan.

Banyaknya dana yang dikeluarkan untuk mengusir pendulang illegal disikapi Jumawan salah seorang penambang lokal. Menurut dia (24), apa yang dilakukan pemerintah kabupaten itu hanya membuang-buang anggaran.

Buktinya, beberapa kali pengosongan dilakukan, tamnbang emas hanya sesaat steril. Setelah itu, ratusan hingga ribuan pendulang masuk lagi secara sembunyi-sembunyi.

Yang lebih parah lagi, oknum aparat yang terlibat setiap kali penyisiran ternyata juga bermain mata dengan memback up pendulang untuk masuk kembali di dalam lokasi pertambangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: