Camat Mowila Cegah Illegal Logging Dengan Kekeluargaan

Media Sultra 2009-07-13/Polkam: Hal  4

Andoolo– Salah satu solusi yang ditempuh Camat Mowila mencegah illegal logging adalah amerubah pola hidup masyrakatnya karena salah satu penyebabnya adalah kibat himpitan ekonomi.

‘Kenapa rakyat melakukannya, karena terjepitnya oleh ekonomi”, ungkap Syaifullah, SE, M.Si kemarin di kediamannya (12/7).

Ia mengggunakan pola hidup masyarakatnya dengan menggunakan pendekatan ideologis dan pelayanan dimana diciptakan suasana kekeluargaan dalam pemerintahan.

“Sistem kekeluargaan dulu yang kita ciptakan warga akan merasa sebagai bagian dari kekeluargaan mereka”, ungkapnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan untuk dengan mengadakan pembangunan rumah miskin sebanyak 45 unit, memberikan latihan pertanian seluas satu hektar per KK dan program-program pertanian lainnya.

Menurut Syaifullah, karena semua pelaku illegal logging itu tidak punya rumah. Mereka menganggap dengan illegal logging gampang dapat uang. Mereka tidak sadari bahwa itu tindakan salah dan merugikan mereka sendiri.

Ia juga mengakui, salah satu kendala pencegahan illegal logging gampang dikarenakan ijin para pengusaha kayu cukup kuat. Seperti ijin pendistribusian kayu dan pengelolahannnya.

Selain para pengusaha, pelakukanya pun susah dibernatas karena memperoleh uang dengan cepat.

Sementara masyarakat tidak dapat membedakan yang mana hutan lindung dan mana hutan rimba sehingga mereka tidak memahami akibat dari tindakannya sendiri.

“Rakyat ini sebenarnya harus membedakan yang mana kawasan mata air, yang mana hutan tanam industri, dan mana kayu jati, ini mau kita sosialisasikan”, ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: