Status Gunung Slamet Tetap Waspada

Kompas 2009-07-11/Berita Utama

Tegal — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejauh ini masih memantau kondisi terakhir Gunung Slamet yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah yang memasuki bulan Juli 2009 statusnya masih tetap waspada (level II).

“Pada pengamatan yang dilakukan PVMBG terakhir, tercatat statusnya masih waspada dan beberapa kali terekam gempa-gempa embusan,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, Sukedi, di Gambuhan, Kabupaten Pemalang, Sabtu (11/7) siang.

Ia mengatakan, gempa-gempa embusan terekam hingga 5-10 kali per hari dengan amplitudo berkisar di bawah 10 milimeter.

Gempa embusan, kata dia, diduga berasal dari konsentrasi gas yang ada di dasar permukaan kawah.

“Kondisi ini kian membaik dibandingkan Juni akhir yang terekam sebanyak 26 kali gempa embusan dengan amplitudo maksimum 18-50 mm,” katanya.

Sukedi mengatakan, membaiknya status Gunung Slamet sekarang membuat aktivitas masyarakat kembali berjalan lancar. Rata-rata mata pencaharian masyarakat sekitar yaitu sebagai petani sayur-mayur dengan hasilnya antara lain cabai, kentang, dan kol.

Namun, karena statusnya masih waspada, kata dia, maka masih memungkinkan terjadi hujan abu yang turun di sekitar Gunung Slamet.

“Masyarakat selalu mempergunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut ketika hujan abu terjadi, hal itu untuk menghindari gangguan pernapasan,” katanya.

Menurut Sukedi, warga sekitar hendaknya juga tidak mudah percaya terhadap isu-isu letusan Gunung Slamet yang kerap disebarkan oleh para pihak tak bertanggung jawab. Kepada warga sekitar diharapkan tidak mendekati Gunung Slamet hingga radius satu kilometer.

“PVMBG selalu berkoordinasi pula dengan pemerintah daerah setempat dan pemerintah provinsi terkait kondisi Gunung Slamet,” katanya.

Advertisements

One Response

  1. apakah masih di izinkan untuk mendaki gunung slamet pada tanggal 25-26 juli??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: