Kapolda Ingatkan Jangan Gunakan Mercuri

Kendari Ekspres 2009-07-11/Kota Ekspres: hal 6

Kendari-  Aktivitas perusahaan tambang PT Panca Logam Makmur, Senin (7/7),  dikunjungi oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Sultra, Brigjend Djoko Satrio. Kunjungan tersebut, diterima langsung oleh jajaran pimpinan PT Panca Logam Makmur.

Turut hadir dalam ku njungan tersebut, Wakpolda Sultra, Kombes Heru Setiawan dan Kapolres Bombana AKBP Drs Yan Sultra SH. Sedangkan, dari pihak perusahaan yang baru beraktivitas tambang setengah tahun lalu itu, hadir seluruh pimpinannya, diantaranya Leo Chandara, Heryanto, Lukman Azizs, dan sejumlah manajer.

Dalam pertemuan tersebut, berlangsung dikantor perusahaan PT Panca Logam Makmur, Kapolda menanyakan perkembangan kegiatan pertambangan perusahaan itu,  dan rencana kehadiran teknologi mesin alluvial plan dalam menujnag produksinya perusahaan serta keberadaan para illegal mining.

Prescom PT Panca Logam Makmur. Leo Chandra menegaskan dalam waktu beberapa hari lagi, mesin produksi perusahaan akan segera masuk.

“Mesin kita sudah tiba di Jakarta, kita akan segera bawa ke sini. Kita sedang siapkan infrastruktur jalan sehingga memudahkan trailer yang membawa alat  itu masuk ke lokasi”, ungkapnya.

Dilaporkan sejumlah tenaga kerja lokal yang sudah direkrut  mencapai 80 persen dari total pekerja tambang.

Terkait dengan illegal mining, Leo mengungkapkan bahwa kawasan PT Panca Logam nyaris bersih berkat dukungan dari seluruh karyawan dan jajaran kepolosian Sultra. “Kita berterima kasih atas peran besar yang diberikan Kapolda Sultra”, ungkapnya.

Usai berdialog dengan jajaran pimpinan perusahaan, Kapolda menyempaykan diri meninjau aktivitas pertambangan yang mempergunakan maal-maal dan proses pembuatan waduk air untuk tadah hujan serta mess karyawan.

Sejumlah pekerja berdialog akrab dengan Kapolda murah senyum tersebut.

“Dulu kami juga penambang luar disni pak, tapi sejak kami tahu disini adalah wilayah perusahaan, kami memilih bergabung disini.

“Apalagi, kami tahu perusahaan ini, memprioritaskan orang lokal, ” ujar Andi, salah seorang pekerja asal Bombana. Ia mengaku senang bekerja di perusahaaan tersebut.

“Kami tidak lagi taku dikejar-kejar aparat. Malah kita kerja dijaga,” ungapnya diamini sejumlah rekan kerja Andi.

Dalam dialog Kapolda mengingatkan perusahaan agar memperhatikan kesejahteraan pekerja dan tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

“Saya minta kepada PT Panca Logam tidak menggunakan mercuri atau bahan kimia lainnya yang bisa membahayakan manusia dan ekosistem,” ungkapnya.

Menanggapi permintaan tersebut Leo Chndra berjanji tak menggunakan bahan kimia yang berbahaya tersebut termasuk merkuri”, selain merusak lingkungan bahan kimia juga berdampak pada kesehatan tubuh. Kita komitmen akan hal itu,” tandas juru bicara perusahaaan tersebut.

Usai berdialog dan meninjau aktivitas tambang lebih dari satu jam, Kapolda dan jajarannya kembali ke Kendari menggnakan heli milik Polda Sultra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: