Gubernur: Minta Izin KP Diputihkan

Kendari Ekspres 2009-07-11/Halaman Utama

Kendari- Banyaknya izin Kuasa Pertambangan (KP) baik yang resmi maupun yang tidak resmi di Kabupaten Bombana dan di Kabupaten Konawe Utara, membuat pemerintah daerah Sultra turun tangan.

“Saya minta dua Kabuapten itu, izin KP-nya  diputihkan, karena pengelolaannya sudah tidak sehat.  Ungkap Nur Alam Gubernur Sultra beberapa waktu lalu.

Menurut ia, di dua kabupaten itu, terdapat sejumlah KP siluman, sehingga dalam pengelolaan pertambangan tidak memperhatikan aspek lingkungan. Demikian pula dengan tenaga  kerja yang digunakan dalam penambangan tersebut.

“Para pekerja ditidak melibatkan masyarakat lokal. Mereka pemilik KP rata-rata menerima semua tenaga kerja dari luar Sultra,” ungkapnya.

Misalnya saja pendulang emas di Bombana. Yang menikmati hasilnya dari emas itu mayoritas orang luar daerah Sultra, sementara masyarakat lokal tidak diberdayakan.

“Ini artinya, kekayaan alam kita dimonopoli  orang lain, sementara masyarakat Sultra hanya menjadi penonton. Semua ini akibat ketelodoran oknum tertentu”, ungkapnya.

Penambangan emas lebih cepat menghasilkan uang. Pengelolaannya yang paling mudah, tetapi nilai ekonominya yang sangat tinggi. Beda halnya, dengan hasil tambang yang lain.

“Kalau mau dihitung-hitung, sejak dimulainya penambangan emas Bombana hingga sekarang telah mencapai Rp 70 miliar, tapi karena pengelolaannya tidak sehat maka pajak dari pendulangan itu tidak ada”, ungkapnya.

“Jika penamabngan ini dikelola dengan baik, maka masyarakat Sultra ikut merasakan pembangunannya. Olehnya itu, setelah izin KP diputihkan kita serahkan negara yang kelola,” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: