Walikota : Amdal Pelabuhan Bungkutoko Urusan Pemprov

Kendari Ekspres  2009-07-10/Kota Ekspres: hal 8

Kendari- Menanggapi belum adanya dokumen Amdal pelabuhan Bungkutoko, Walikota Kendari, Ir Asrun mengatakan, itu adalah kewenangan Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara. Sebagai pemrakarsa kegiatan, tentunya pemprov juga yang harus melakukan analisis hingga mengeluarkan Amdal.

Asrun yang ditemui usai menghadiri acara ekspose adipura Sultra di aula Bapedalda Sultra, Kemarin (9/7) mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum tahu mengenai Amdal pelabuhan Bungkutoko, tapi sepengetahuannya, itu adalah urusan pemprov.

“Kalau tidak salah Amdal pelabuhan Bungkutoko ini sudah bagian dari tanggungjawab pemprov, sebab mereka sebagai pemrakarsa kegiatan,” katanya.

Pembangunan pelabuhan Bungkutoko merupakan proyek dana sharing antara pemprov dan pemkot. Pemkot ambil alih biaya pembebasan lahan, sedang pemprov urusan teknisnya.

Namun dalam urusan Amdal, pemkot dan pemprov nampaknya saling tarik ulur. Dari pemkot mengira tanggungjawab pemprov, tapi pemprov malah mengira itu adalah urusan pusat. Adanya tarik ulur ini sehingga Amdal pelabuhan Bungkutoko hingga saat ini belum ada.

Seperti dikatakan sebelumnya, Amran Alie, Kabid Analisis Pencegahan Dampak Lingkungan Bapedalda Sultra, bahwa Amdal pembangunan pelabuhan Bunkutoko adalah kewenangan pusat. Pemprov dan pemkot dilibatkan sebatas tim pengkajian dampak lingkungan, selebihnya tidak ada.

Lantas, bagaimana jika pusat tak kunjung keluarkan Amdal? Kata, Amran pemprov akan mengupayakan untuk menerbitkan Dokumen Pemantauan Pengelolaan Lingkungan (DPPL) sebagai pengganti sementara dokumen Amdal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: