Terjadi Kejahatan Lingkungan di Bombana

Media Sultra 2009-07-10/Hal Utama

Kendari-  Nur Alam menyatakan telah terjadi kerusakan lingkungan yang cukup parah di kabupaten Bomban khusunya di eks areal pertambangan emas. Kerusakan cukup parah itu dinilainya sebagai kejahatan lingkungan. Dan, perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Hal ini disampaikan ketika bertemu dengan wartawan di ruang rapat gubernur seusai merayakan hari ulang tahun ke-42, Kamis (9/7).

Selain, telah ditemukan pelanggaran lain yang ditemukan tim investigasi Pemrov Sultra bahwa telah terjadi penyalahgunaan wewenang oleh pemerintah setempat, dari pelanggaran norma sosial, menyalahi mekanisme pengolahan dan pelanggaran kerjaan.

Ia juga mengungkapkan jika buktinya sudah rampung, maka akan diserahkan kepada aparat kepolisian dan penegak hukum untuk menanganinya.

Berdasarkan ketentuan perundangan pejabat negara maupun pejabat daerah yang terbukti melakukan kejahatan lingkungan maka sanksi terberat adalah pemecatan yang bersangkutan dari jabatannya.

Mengkaji Ulang

Untuk itu, setelah menemukan banyak pelanggaran, pemerintah daerah akan segera mengkaji ulang asas-asas pengelolaan tambang.

Pemerintah dan perusahaan harus tetap memeperhatikan pengelolaan tambang yang lestari dan tidak merusak lingkungan.

Sejak ditemukannya tambang emas Bombana 2008 lalu, diperkirakan sudah 2 triliun lebih. Tapi, yang menikmati orang-orang dari luar Sultra, sedangkan masyarakat lokal hanya penonton di negeri sendiri.

Ia telah menyampaikan sebelumnya, kepada pemerintah pusat baik kepada presiden maupun kepada wakil presiden agar tambang emas Bombana sebaiknya dikelola oleh pemerintah sehingga bisa memberi nilai tambah yang lebih besar dan dapat dirasakan langsung masyakarat.

Pasalnya, jika dikelola oleh swasta, maka akan sangat kecil yang kita peroleh dan tidak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: