Pengerukan Teluk, Tunggu Kurungan Lumpur

Kendari Ekspres  2009-07-10/Kota Ekspres: hal 8

Kendari- Tak kunjung dikeruk, lumpur teluk Kendari ternyata masih dibuatkan kurungan lumpur. Kurungan lumpur yang nantinya bakal menampung lumpur yang dikeruk dari dalam laut.

Semula pemerintah kota bakal menyiapkan kurungan lumpur dari bahan jelajah, tapi Kata Walikota Kendari, Ir Asrun, kemarin (9/7) cara itu tak akan efektif karena lumpurnya bisa keluar melalui sela-sela jelajah.

Sehingga, pemerintah kota saat ini tengah menyiapkan kurungan lumpur dari bahan tanah liat, tapi masih tetap dilapisi dengan jelajah. Jelajah fungsinya hanya dijadikan sebagai penopang tanah liat.

Layaknya empang, kurungan lumpur didesain sehingga lumpur yang telah tersedot bakal tak kemana-mana, hanya bertahan dalam kurungan lumpur. Lumpurnya dibiarkan mengendap, air yang ikut tersedot bersama lumpur dikeluarkan.

“Kita masih buatkan kurungan lumpurnya, makanya pengerukan belum dilakukan. Nanti sudah jadi itu baru kita mulai. Sebelumnya kurungan lumpurnya kita desain dari jelajah, tapi setelah dipikir-pikir kayanya tidak menampung karena lumpur yang disedot bercampur air akan keluar kembali melalui sela-sela jelajah,” jelas Asrun.

Pada kesempatan itu, Asrun kembali menegaskan, pengerukan teluk akan tetap dilakukan. Bahkan, mesin penyedot lumpur yang baru disiapkan dua unit, menurut dia itu akan ditambah untuk mempercepat proses penyedotan.

“Jangankan dua, 15 hingga 20 unit pun kita adakan supaya cepat prosesnya,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: