Banyak KP, Bapedalda Kelabakan

Kendari Ekspres 2009-07-20/Ekspres Kota: hal 8

Kendari- Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Bapperdalda Sultra, merasa tak berdaya dengan banyak Kuasa Pertambangan (KP) yang bertebaran dibeberapa daerah di Sultra akhir-akhir ini.

Seperti Kabupaten Bombana, sejak ditemukannya tambang emas di Bombana, daerah ini menjadi ladang investor penambang emas, sehingga memaksa pemerintah setempat menerbitkan KP bagi investor.

Menurut Kabid Analisis Pencegahan Dampak Lingkungan Bapedalda, Amran Alie bahwa pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa karena daerah pemilik tambang kadang juga akal-akalan. Dengan dalih otonomi, mereka semaunya menerbitkan KP, sehingga dampak lingkungannya tidak pernah dipikirkan dari aktivitas pertambangan.

Ia menyatakan, selama ini KP yang dikeluarkan daerah pemilik tambang tidak pernah dikoordinasikan dengan Bapedalda. Sehingga tak pernah ada analisis dampak lingkungannya. Mau rusak atau tidak, daerah kadang tidak peduli.

Bukan Pemrov yang tidak bisa tegas, tapi kata Amran, tidak ada ketegasan yang mengatur tentang sanksi mengenai tindakan daerah yang menerbitkan KP sepihak.

Sejauh ini, Pemrov melalui Bapedalda hanya diberi kewenangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan, tapi itu juga kadang tidak efektif karena daerah sering “Kapatuli”.

Untuk itu, pihaknya meminta supaya melalui Pemrov, dalam hal ini Gubernur Sultra harus ada ketegasan.

Perlu adanya integrasi kebijakan Gubernur melaui surat keputusan mengenai pengelolaan sumber daya alam. Supaya daerah tidak sewenang-wenang melahirkan kebijakan sendiri.

Salah satu, begitu bandelnya daerah/kabupaten pemilik tambang, distribusi dokumen pertambangan pun kerap dilalaikan untuk disampaikan ke Bapedalda propinsi.

Padahal dokumen itu wajib disampaikan oleh pemerintah daerah pemilik tambang. “Nanti kita turun, ambil sendiri baru mereka mau kasih”, ungkap Amran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: