PT Panca Logam Dilarang Gunakan Merkuri

Kendari Pos 2009-07-09/Bumi Anoa: hal 5

Kendari- Awal pekan ini, Kapolda Sultra Brigjend (Pol) Djoko Satriyo melihat aktivitas perusahaan tambang emas PT Panca Logam Makmur. Peninjuan Camar-1 itu juga di dampingi langsung Wakapolda Sultra, Kombes Heru Setiawan dan Kapolres Bombana, AKBP Yan Sultra dan diterima Pimpinan PT Panca Logam , Leo Chandara, Heryanto, Lukman Aziz dan sejumlah manajer.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda menanyakan perkembangan kegiatan tambang perusahaan dan rencana kehadiran teknologi mesin alluvial plan dalam menunjang produksi perusahaan serta keberadaan para pelaku illegal mining.

Menurut Prescom PT Panca Logam, Leo Chandara bahwa sat ini jumlah tenaga kerja lokal yang direkrut mencapai 80 persen dari total 700 pekerja tambang, dan sisanya tenaga ahli masih banyak diambil dari luar.

Terkait dengan aktivitas illegal mining, dia menyatakan di kawasan PT Panca Logam nyaris bersih berkat kepolisian Sultra.

Kapolda menyempatkan diri meninjau langsung aktivitas pertambangan yang mempergunakan maal-maal dan proses pembuatan waduk air untuk tadah hujan serta mess karyawan.

Kapolda Sultra mengingatkan perusahaan agar senantiasa memperhatikan kesejahteraan pekerja dan tidak menngunakan bahan kimia berbahaya.

Kapolda meminta kepada PT Panca Logam agar tidak menggunakan mercuri atau bahan kimia lain yang bisa membahayakan manusia dan lingkungan ekosistem.

Dan untuk menanggapi permintaan Kapolda tersebut, Leo Chandra sebagai juru bicara perusahaan berjanji tidak akan menggunakan bahan kimia berbahaya termasuk mercuri, dampak bahan kimia berbahaya juga merusak tubuh. Kita tetap komitmen akan hal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: