Karena Kabut Asap, Bandara Dumai Ditutup

Antara news 2009-07-09/Masalah Lingkungan

Dumai – Bandara Pinang Kampai di Kota Dumai, Riau, sejak Kamis pagi pukul 07.00 Wib ditutup untuk aktivitas penerbangan karena tebalnya kabut asap yang menutupi bandara tersebut.

Kepala Bandara Pinang Kampai Edi Kusniadi kepada ANTARA di Dumai, Kamis, mengatakan jarak pandang di bandara tersebut dibawah 300 meter yang sangat buruk untuk penerbangan.

“Pagi ini seharusnya satu pesawat Pelita Air dari Jakarta mendarat pada pukul 07.30 Wib tapi karena cuaca di bandara tidak layak untuk pendaratan pesawat tersebut dilarang mendarat,” kata Edi.

Ia mengatakan, belum tau dimana pesawat Fokker 100 itu mendarat sementara dan pihaknya belum tau kapan bandara tersebut dibuka lagi.

“Hingga pukul 08.35 Wib kondisi kabut asap masih tebal. Entah ada atau tidak penerbangan hari ini di bandara Pinang Kampai belum tau karena cuaca sangat buruk,” jeas Edi.

Sementara itu kondisi Kota Dumai yang berhadapan dengan laluan internasional Selat Melaka tertutup kabut asap dengan jarak pandang yang sangat terbatas dibawah 50 meter.

Kendaraan yang berLalu lintas di jalan raya terpaksa berjalan pelan dan para pengendara menghidupkan lampu kendaraannya karena tebalnya kabut asap.

Pengendara yang melintasi jalan lintas Dumai-Rokan Hilir melalui Bukit Timah mengaku kabut di daerah itu sangat tebal bahkan saluran pipa minyak yang berada sepanjang pinggir kanan jalan dari arah Dumai pun tidak kelihatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: