100 Hektar Hutan Lindung Rusak

Media Sultra 2009-07-09/ Lingkungan: hal 5

Bulukumba-  Pengusaha yang diduga tidak mengantongi izin penebangan dari pemerintah, telah melakukan penebangan hutan di sekitar kawasan hutan lindung taman hutan rakyat, sehingga sekitar 100 hektare lahan rusak.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, H Padasi, Wakil Bupati Bulukumba meminta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bulukumba dan Camat Bonobahari untuk berupaya menghentikan penebangan kayu di kawasan hutan lindung.

Menurut Padasi, dikhwatirkan bila kegiatan illegal itu terus dibiarkan, dapat merusak kawasan taman hutan rakyat dan lingkungan yang berada di sekitarnya. Saya minta camat dan kadis kehutanan bisa menghentikan kegiatan penebangan itu sebab bisa mengakibatkan terjadi bencana.

Aktivitas penebangan di lahan kawasan hutan itu, lanjutnya, dilakukan secara illegal karena belum ada izin yang dikeluarkan pemerintah dalam hal ini dinas kehutanan.

Saat dilakukan pengecekan di lokasi penebangan, sedang berlangsung penebangan yang dilakukan oleh para buruh dari perusahaan CV SM dan PT SL, keduanya merupakan perusahaan dari Makassar.

Menurut dia, kayu-kayu tersebut akan digunakan untuk usaha tambak ikan laut dengan jumlah kayu yang dibutuhkan sekitar 100 hektar.

“Saat ini sudah sekitar 80 hekrate lahan kawasan hutan yang dibabat. Makanya kita akan mengundang seluruh komponen terkait untuk membicarakan akan masalah ini,” ungkapnya.

Menurut Kepala Dishutbun Bulukumba, Andi Misbawati mengaku setelah pihaknya menurunkan tim guna mengecek langsung di lapangan, ternyata memang telah terjadi penebangan kayu.

Hanya saja, Misbawati membantah hutan yang ditebang itu masuk dalam kawasan hutan lindung, hutan yang ditebang itu adalah hutan rakyat.

“Kita sudah ukur, hasilnya 2000 meter dari garis batas kawasan hutan Tahura. Dan, mereka memang tidak punya izin penebangan”, ungkapnya usai rapat dengan Bupati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: