Rencana Pengerukan Teluk Kendari Meredup

Kendari Ekspres 2009-07-07/Kota Ekspres: hal 8

 

Kendari- Semua pasti masih ingat, informasi terakhir dari pemerintah kota mengenai rencana pengerukan teluk Kendari tinggal menunggu kesiapan Gubernur Sultra, Nur Alam SE untuk melaunching setelah saat uji coba pengerukan teluk dilakukan beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini, kelanjutan mengenai rencana itu justru kian tak jelas.

Malah pembangunan pelabuhan Bungkutoko yang dilauncing (peletakan batu pertama-red), kemarin (6/7) oleh Gubernur Sultra. Entah apa kendalanya, pengerukan teluk justru meredup dikala pembangunan pelabuhan Bungkutoko dimulai. Apa karena sumber pembiayaan yang berbeda, pelabuhan Bungkutoko dibiayai dengan pemerintah propinsi dari anggaran APBN sedang pengerukan teluk murni dari anggaran pemerintah kota?

Masih ingat dengan janji Walikota Kendari, Ir Asrun, bahwa launching pengerukan teluk paling lambat awal bulan Juni yang lalu. Pasangan Musadar Mappasomba ini saat memantau uji coba mesin penyedot lumpur beberapa waktu lalu pernah mengatakan, (Edisi 26/5) pengerukan teluk tinggal menunggu gubernur yang saat itu lagi keluar daerah. Sekarang, gubernur baru saja melakukan peletakan batu pertama pembangunan pelabuhan Bungkutoko, kapan dengan launching pengerukan teluk?

Menurut bocoran dari Ketua DPRD Kota Kendari, Bachrun Konggoasa, pengerukan teluk untuk sementara ditangguhkan dulu, sebab saat uji coba yang lalu lumpur yang disedot tidak ikut serta dengan pasirnya. Pasir yang ikut mengendap dengan lumpur jika tidak tersedot bakal mengendap kembali.

“Pengerukan tetap akan dilakukan, tapi masih akan dikaji kembali karena mesin yang ada belum bisa mnyedot pasir, hanya bisa menyedot lumpur,” tuturnya, kemarin (6/7) saat dimintai tanggapannya mengenai kejelasan pengerukan teluk.

Sekedar diketahui, mesin penyedot lumpur telah disiagakan pemerintah kota dari jauh-jauh hari sebelumnya. Dua unit penyedot lumpur bahkan sudah pernah diuji coba. Menurut Asrun, mesin itu bakal terus ditambah jika nantinya proses penyedotan berhasil. Lantas, kapan semua itu terealisasi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: