Nelayan Rompng Kelukan Maraknya Pembiusan Ikan

Kendari Ekspres 2009-07-07/Baubau Ekspres: hal 9

Wangi-Wangi- Belakangan ini, nelayan dipesisir darat Pulau Wangi-wangi mengeluhkan maraknya aktivitas pembiusan ikan yang dilakukan oleh nelayan dari luar Wakatobi. Pasalnya, kegiatan yang masuk ke dalam kategori illegal fishing ini berdampak langsung pada jumlah tangkappnnyang mereka peroleh.

Berdasarkan kesaksian dari para nelayan, modus penangkapan ikan dengan menggunakan bius dilakukan ketika musim gelap tiba.

Beberapa kapal berukuran besar berlabuh disekitar daerah penangkapan, dengan berpura-pura sebagai kapal pengangkut kayu.

Saat malam gelap tiba beberapa perahu kecil yang mereka bawa mulai beroperasi dengan menyusuri pesisir karang. Mencari ikan berharga jual tinggi lalu dilumpuhkan dengan bius. Umumnya berupa kerapu dan napoleon.

Menurut Muhsin, salah satu nelayan rompong Wandoka, bahwa setiap musim gelap tiba, kapal-kapal bercat putih pasti datang, mereka selalu menggunakan bius.

Karena khawatir dengan aktivitas pembiusan ikan ini, para nelayan berharap agar pmerintah terkait dengan mengambil langkah sehingga karang dan ikan Wakatobi dapaty selamat dari kerusakan. Dampak dari penggunaan bius.

Muhsin menyatakan sebenarnya kami sudah pernah melapor pada pemerintah kecamatan, tetapi hingga kini kami belum melihat tindak lanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: