Mulai September 2009 Wajib Sertifikasi Legal

Kompas 2009-07-07/e-Paper: Bisinis & Keuangan

Jakarta- Produk kayu Indonesia yang dipasarkan di dalam ataupun di luar negeri mulai September 2009 wajib memenuhi sertifikasi legalitas kayu.

Verifikasi dan sertifikasi tersebut dilakukan oleh Lembaga Penilai dan Verifikasi Independen (LP&VI) yang diakreditasi Komite Akreditasi Nasional.

Hal itu disampaikan Menteri Kehutanan MS Kaban di Jakarta, Senin (6/7). Sistem jaminan legalitas kayu tersebut memberikan kepastian bahwa semua produk kayu Indonesia adalah kayu legal. Sertifikasi itu memberikan keyakinan kepada negara pengimpor tentang keabsahan produk kayu dari Indonesia.

Sertifikasi dan verifikasi legalitas kayu itu mengacu pada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.38/Menhut-II/2009 tanggal 12 Juni 2009 tentang Standar dan Pedoman Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu pada Pemegang Izin atau Hutan Hak.

Menhut menegaskan, penerapan standardisasi dan sertifikasi legalitas kayu perlu didukung komitmen dari negara tujuan ekspor, yaitu dengan tidak menampung kayu ilegal. Juga ada tindakan hukum terhadap pelaku perdagangan kayu ilegal.

”Negara-negara tujuan ekspor kayu perlu melakukan identifikasi asal-usul kayu dari negara pengekspor. Jika tidak, usaha Indonesia mencegah pencurian kayu akan sia-sia,” kata Menhut.

Menurut Direktur Jenderal Bina Produksi Kehutanan Departemen Kehutanan Hadi Daryanto, sertifikat legalitas kayu akan digunakan sebagai bahan perpanjangan izin usaha pemanfaatan hasil hutan dan kayu.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Salahuddin Sampetoding menyatakan, sertifikasi legalitas kayu hanya akan efektif apabila pemerintah membenahi tata ruang hutan.

Hingga saat ini, menurut Salahuddin, pemerintah belum melakukan pemetaan secara jelas tentang hutan alam, hutan kelapa sawit, dan hutan tanaman. ”Padahal, hal itu sangat dibutuhkan pelaku usaha untuk memberikan rasa aman dan kepastian usaha,” tutur Salahuddin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: