Tinggi Gelombang Perairan Bengkulu Capai 1,5 – 2,5 Meter

Media Indonesia 2009-07-06/Berita Terkini

BENGKULU- Gelombang 1,5 meter hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu, kurun waktu 24 jam mulai Senin pukul 07:00 WIB, kata prakirawan cuaca Stasiun Klimatologi KL II Pulau Baai, Edi Warsudi.

Ketika dikonfrimasi di Bengkulu, Minggu, Edi menjelaskan, kondisi gelombang sama juga berpotensi terjadi perairan Mentawai, Samudera Hindia barat Mentawai dan Samudera hindia barat daya Pulau Enggano, berjarak 90 mil dari Kota Bengkulu.

Untuk gelombang di wilayah Samudera Hindia barat daya Bengkulu, menurut dia, diperkirakan berkisar dua meter hingga maksimal 2,5 meter atau masih lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal yaitu maksimal 1,7 meter.

Terkait ketingginan gelombang itu, Edi memperingatkan kepada nelayan khususnya nelayan tradisional untuk lebih berhati-hati bila akan menangkap ikan dalam kurun waktu tersebut.

“Nelayan sebaiknya lebih berhati-hati menghadapi kemungkinan terburuk jika terjadi gelombang tinggi,” katanya.

Mengenai kondisi angin, di wilayah Samudera hindia barat daya Bengkulu, pada umumnya bertiup dari arah timur sampai tenggara dengan kecepatan berkisar 5-10 knots per jam.

Sedangkan di wilayah daratan Provinsi Bengkulu, diperkirakan terjadi tiupan angin dari arah timur hingga barat daya dengan kecepatan 3-20 knots per jam.
Keadaan cuaca di wilayah Samudera Hindia barat daya Bengkulu, diperkirakan berawan.

Sementera cuaca di wilayah Provinsi Bengkulu, menurut dia, cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 22-32 derajat celcius dan tingkat kelembaban 62-98 persen.

Edi juga menjelaskan, berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat adanya daerah tekanan rendah, diwilayah samudera hindia sebelah tenggara Filipina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: