Tinggi Gelombang Laut Banda 3,2 Meter

Media Indonesia 2009-07-06/Berita Terkini

Kendari: Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Mateorologi Maritim Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengingatkan nelayan dan nahkoda kapal yang melintas di Laut Banda dan perairan Aru Tual agar waspada karena diprediksi ketinggian gelombang di perairan laut tersebut mencapai 3,2 meter.

Kepala BMG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Addi Setiadi di Kendari, Senin, mengatakan kecepatan angin di Laut Banda dan perairan Aru Tual yang akan bertiup dari arah timur ke tenggara antara 6-25 kilometer/jam.

Selain di Laut Banda dan perairan Aru Tual, juga cuaca mengganas diramalkan terjadi di perairan Masilina Doang Doang dan Teluk Tolo Kendari dengan ketinggian gelombang diprediksi 2,8 meter.

Di perairan Masilina Doang Doang angin bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan antara 5-21 kilometer/jam dan arah angin di Teluk Tolo Kendari yang bertiup dari arah timur ke selatan antara 5-20 kilometer/jam.

Sedangkan, ketinggian gelombang di Laut Maluku bagian Selatan dan Laut Seram diramalkan 2,3 meter dengan kecepatan angin yang akan bertiup dari arah timur ke tenggara sekitar 6-27 kilometer/jam.

Cuaca di perairan Sabalana Selayar, Majene Paotere dan Teluk Bone jangan diremehkan karena ketinggian gelombang diperkirakan 2,0 meter dengan kecepatan angin yang akan bertiup dari timur ke tenggara sekitar 4-20 kilometer/jam.

BMG juga memperkirakan kondisi cuaca dengan gelombang setinggi 1,5 meter akan terjadi di Selat Makassar dan perairan Donggala Mamuju.
Kecepatan angin di Selat Makassar yang akan bertiup dari timur ke selatan diprediksi 6-23 kilometer/jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: