Pariwisata Jangan Merusak Alam

Media Indonesia 2009-07-06/Berita Terkini

Mataram:  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar pemanfaatan keindahan alam dan budaya sebagai modal industri pariwisata jangan sampai membawa dampak negatif.

Pada peluncuran program Visit Lombok Sumbawa 2012 di Santosa Villas & Resort, Senggigi, Lombok Barat, Senin (6/7), Presiden mengatakan perkembangan sektor pariwisata sebagai pendorong perkembangan ekonomi daerah tidak pernah dimaksudkan untuk komersialisasi alam dan budaya secara negatif.

“Pengembangan pariwisata harus sebagai bagian integral pembangunan nasional, sistematis, terpadu, dan berkelanjutan, bertanggungjawab, dengan tetap memberi perlindungan kepada nilai-nilai agama dan budaya yang tumbuh di masyarakat serta kepentingan nasional,” tutur Presiden.

Komersialisasi negatif yang bisa dibawa oleh perkembangan industri budaya, lanjutnya, adalah ancaman rusaknya ekosistem lingkungan dan hilangnya nilai-nilai budaya yang luhur.

Indonesia, menurut Presiden, justru harus pandai mengambil dampak positif dari industri pariwisata sebagai peluang memperluas kesempatan usaha dan meningkatkan akses bangsa pada era globalisasi.

Untuk itu, Presiden meminta pembangunan sektor pariwisata dilakukan secara berwawasan lingkungan dengan memperhatikan perlindungan kepada alam sekitar dan nilai seni budaya.

Pemerintah, kata Presiden, telah berupaya merevitalisasi pembangunan sektor pariwisata dengan meningkatkan sarana pariwisata, kualitas sumber daya manusia, manajemen dan teknologi serta memberikan kemudahan bagi pelaku industri pariwisata.

Untuk itu, Presiden meminta para kepala daerah agar memberi kemudahan izin kepada investor di bidang pariwisata serta giat berpromosi keunggulan wilayah masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: