Izin KP Tiba-tiba Membengkak

Kendari Ekspres 2009-07-06/Sultra Raya: hal 16

Kassipute-   Penanganan tambang emas di Kabupaten Bombana semakin diperparah dengan tidak jelasnya proses pengeluaran izin Kuasa Penambangan (KP) yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Bombana.

Mulanya, jumlah perusahaan pemegang izin KP di Kabupaten Bombana berjumlah 12 perusahaan. Tiba-tiba, pada bulan Juni lalu jumlahnya membengkak menjadi 16 perusahaan.

Celakanya lagi, para pejabat di lingkungan pemerintah dan DPRD Kabupaten Bombana tidak kompak dan saling tuding.

“Saya juga tidak tahu kenapa jumlah perusahaan pemegang izin KP tiba-tiba sudah menjadi 16 dari sebelumnya 12 perusahaan saja,” kata Subhan Tambera, Wakil Bupati Bombana kala itu.

Kalangan wakil rakyat di Parlemen Kabupaten Bombana juga mengaku kaget dengan bertambahnya jumlah perusahaan pemegang izin KP. Menurut para wakil rakyat, seharusnya Pemerintah Kabupaten Bombana berkoordinasi dulu dengan mereka sebelum menerbitkan izin KP bagi sebuah perusahaan tambang.

Salah satu perusahaan yang belum lama ini juga mengantongi izin KP adalah PD Utama Sultra (perusahaan daerah milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara).

Namun agak membingungkan, saat kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla tanggal 29 Juni lalu di Kendari, Bupati Atikurrahman menyatakan bahwa hanya ada dua perusahaan pemegang izin KP tambang emas di daerahnya..

Keterangan Bupati Atikurrahman itu dinyatakan saat sedang berdialog dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Terkait membengkaknya jumlah perusahaan pemegang izin KP di Kabupaten Bombana, agaknya cukup relevan jika dihubungkan dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang pada dialog itu menyatakan bahwa semakin mendekati Pilkada jumlah perusahaan yang mendapat izin mengelola tambang emas akan semakin bertambah.

Tak jelasnya penerbitan izin KP ini, semakin diperparah dengan tidak transparannya tentang pengelolaan dan berapa jumlah dana yang masuk ke kas Pemerintah Kabupaten dari tambang emas ini. Hampir semua pihak yang ditanyai soal ini mengaku tidak tahu. Anehnya, setiap hari emas bisa dikeruk dari perut bumi Bombana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: