Dinas Pertanian Temukan 10 Kasus Illegal Logging

Media Sultra 2009-06-29/Daerah: hal 7

Baubau- Selama tahun 2009 ini, Dinas pertanian dan kehutanan Baubau telah menemukan 10 kasus illegal logging. Kasus tersebut banyak di dapatkan di Kecamatan Bungi. Meski masih tergolong dalam skala kecil, tapi jika kasus tersebut sering terjadi maka dapat menurunkan produktivitas dan menyebabkan kerusakan iklim.

Kabid Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Ahmad Safiuddin mengungkapkan, melalaui beberapa tim, pihaknya terus melakukan operasi hutan di Kecamatan Sorawolio dan Bungi. Khusus ini Kecamatan Bungi, umumnya timnya menemukan ptongan kayu yang sudah berbentuk papan atau balok di pinggiran hutan.

Menurut dia, setiap saat tim kami melakukan operasi terhadap kegiatan illegal logging di kawasan hutan. Rata-rata papan dan balok kayu yang kami temukan sebanyak 2 kubik.Namun ada juga 9 kubik,tepatnya di Kampoeonaho, sekitar bulan Januari lalu.

Ia mengakui, pihaknya tak tau pasti siapa pemilik kayu terebut.Sebab, ketika timnya menemukan papan dan balok tersebut, pemilik tak berada di tempat. sehingga kayu terebut diamankan, sebaimana besar disimpan di dinas Pertanian dan Kehutanan sebagai barang bukti.

“Kami sering mengumumkan kepada masyarakat di Kecamatan bersangkutan, agar si pemilik segera melapor. Namun hingga sekarang, tak seorang pun datang mengaku sebagai pemilik. Sehingga sampai sekarang, ada beberapa kubik kayu, masih disimpan di dinas pertanian, dan kehutanan Baubau”, ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: