DAS Pengabuan Kian Terancam Musnah

Kompas 2009-07-06/e-Paper: Kerusakan Lingkungan

Jambi- Daerah aliran sungai Pengabuan di wilayah timur Jambi semakin terancam oleh pembukaan lahan. Hal ini mengakibatkan peningkatan limpasan air sungai saat musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau yang berlangsung saat ini.

Demikian dikemukakan Dicky Kurniawan, Koordinator Ekosistem Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi), di Kota Jambi, Minggu (5/7).

DAS Pengabuan merupakan salah satu DAS utama di Provinsi Jambi. DAS sepanjang 80 kilometer ini berhulu dari Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan bermuara ke pesisir pantai timur Jambi.

Menurut Dicky, perubahan fungsi hutan di sepanjang DAS dalam sepuluh tahun terakhir sangat signifikan. ”Hampir 40 persen sepanjang DAS Pengabuan berubah menjadi area penanaman akasia, sedangkan luas hutan alam yang tersisa tinggal 15 persen,” ujarnya.

Berdasarkan penelitian bersama Universitas Gadjah Mada, pada sepanjang DAS Pengabuan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dilaksanakan sejak 2007, KKI Warsi mendapati penurunan fungsi hutan. Pada tahun 1989, luas hutan alam masih 41 persen. Keluasannya sekarang hanya mencapai 15,7 persen. Pada tahun 2015, luas hutan alam diprediksi hanya 10 persen dari total luas DAS pengabuan.

Ia melanjutkan, selain pembukaan hutan tanaman industri, hutan alam terdegradasi menjadi lahan-lahan terbuka dan semak belukar.

Ia mencontohkan, luasan hutan sekunder menurun 405,9 kilometer persegi pada 2007, atau 40 persen lebih sempit dibanding tahun 2004. Ini berarti 10,7 persen luas DAS berubah dari hutan sekunder ke penggunaan lahan lain dalam rentang tiga tahun saja.

Dicky melanjutkan, perubahan tata guna lahan yang signifikan mulai berdampak pada masyarakat di sepanjang DAS. Volume limpasan air dan erosi lahan terjadi sejak tiga tahun terakhir. Pada bagian hulu, terjadi perubahan tinggi muka air (TMA). Di musim hujan, TMA naik menjadi 13,5 meter, padahal penampang sungai pada bagian hulu hanya untuk kapasitas TMA 12 meter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: