Bekas Pasar Mau Disulap Jadi Taman Kota

Media Indonesia 2009-07-06/Lingkungan

Purbalingga- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berencana menjadikan lahan bekas Pasar Kota Purbalingga sebagai taman kota (Purbalingga City Park).

“Kami telah siapkan dana sekitar Rp5,2 miliar yang dialokasikan dari APBD 2009 dan APBD Perubahan 2009 untuk pembangunan taman kota tersebut,” kata Kepala Bagian Humas Pemkab Purbalingga, Joko Triwinarso, di Purbalingga, Senin (6/7).

Menurut dia, pembangunan taman kota tersebut akan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran, namun mendesak harus dilaksanakan agar lahan bekas pasar itu tidak terkesan mangkrak. Lahan ini tidak diarahkan untuk kegiatan perdagangan, tetapi akan didayagunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Pembangunan Purbalingga City Park memang diarahkan untuk mendukung aktivitas sosial masyarakat, yakni sebagai tempat rekreasi dan hiburan kota yang akan dilengkapi dengan fasiltas penginapan yang representatif,” katanya.

Lebih lanjut mengenai pembangunan taman kota ini, Kabid Fisik dan Prasarana Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Siswanto, mengatakan, lahan bekas pasar tersebut akan dijadikan paru-paru kota dengan pebandingan lahan terbangun dan ruang terbuka hijau sebesar 30 berbanding 70 persen.

Dalam hal ini, kata dia, dari total luas lahan sekitar 16.000 meter persegi, yang diperuntukkan sebagai lahan terbuka seluas 12.826 meter persegi dan lahan terbangun 3.174 meter persegi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: