Kadar Emas Ngonsume Masih Diteliti

Kendari Pos 2009-07-03/Bumi Anoa: hal 5

Raha-  Sampai kemarin, belum ada kepastian menyangkut hasil penelitian terhadap temuan mineral yang diyakini mengandung emas di lahan milik La Dame. Bupati Muna, Ridwan, ST yang angkat bicara mengatakan, kepastian penemuan tambang emas di Desa Ngonsume, Duruka, masih menunggu uji laboratorium di  Bandung.

” Yang petani kembalilah berkebun dulu. Demikian pula bagi buruh, pedagang dan masyarakat lainnya. Kalau toh hasil uji lab nantinya itu positif emas, maka pemerintah akan mengatur sistimatikanya,” tegas bupati.

Ditambahkan, sikap ini diambil setelah digelar pertemuan antara aparat dan pemilik lahan yang diwakili La Dame. ” Pengamanannya diserahkan pada Kapolres dan kita bentuk tim untuk memberikan pengertian terhadap masyarakatnya. Dan Dinas Pertambangan untuk mendata kualitas dan kebenaran soal emas tersebut agar masyarakat jangan dulu datang mendulang,” jelas sarjana teknik Unsultra itu.

Ia meminta semua warga bisa menahan diri dan tidak mengkliam kepemilikan tanah. Di sana memang ada tanah rakyat tapi ada juga kawasan. ” Kerjasama dibentuk. Pemilik lahan dan pengolah diatur dengan tatanan negara. Pengelola dan masyarakat juga di untungkan. Hari ini (kemarin) lokasi tersebut sudah mulai dijaga oleh Polres Muna,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: