Hutan Lindung Palopo Hancur

Kompas 2009-07-03/Konservasi

Palopo- Hutan lindung yang harusnya menjadi kawasan bebas perambahan dari warga kini tidak berlaku di kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Itu terkait adanya penemuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Palopo yang menemukan sedikitnya empat kasus perambahan hutan yang dilakukan warga.

Lebih dari dua hektar lahan hutan lindung di Palopo rusak berat akibat aksi perambahan hutan tersebut. Kepala Dinas Kehutanan, Zulkarnaen Abduh mengatakan, kasus pertama perambahan hutan di Palopo ditemukan di sekitar wilayah Kelurahan Battang Barat.

Temuan tersebut terungkap saat Dishutbun dan anggota Komisi II DPRD Sulsel melakukan peninjauan di hutan, Selasa.
Dari peninjauan tersebut, Dishutbun menemukan seluas 1,6 Hektar hutan lindung rusak berat karena dijadikan kebun. Kebun itu diketahui adalah milik salah seorang oknum polisi yang saat ini bertugas di Polda Sulselbar.

“Pelaku mengaku memiliki sertifikat, padahal kalau hutan lindung tidak diperbolehkan ada sertifikat,” tegasnya.
Anggota Dishutbun yang terus melakukan penyelidikan kembali menemukan kasus perambahan hutan, Kamis (2/7). Lokasinya berada di wilayah kilometer 32 ke arah Tana Toraja.

Di sekitar wilayah tapal batas itu, terdapat 10 kepala keluarga menjadi penghuni di hutan itu. Informasi dari warga sekitar, awalnya lahan itu merupakan tempat mengembala kerbau.

Kasus yang sama juga terjadi di sekitar wilayah Billa, Kecamatan Wara Barat. Lokasi hutan lindung ini sudah dihuni sebanyak enam kepala keluarga.
Sedangkan kasus terakhir terjadi di sekitar kilometer 15, Desa Battang. Beberapa warga juga mengaku memiliki sertifikat tanah di wilayah hutan lindung itu.

Karena itu, lanjutnya, dalam waktu dekat ini, Dishutbun akan memanggil Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Makassar. Satuan ini adalah satuan gabungan dari beberapa instansi independen yang akan menindaki ke empat kasus itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: