Dishut Libatkan Warga Jaga Hutan Mangrove

Kendari Pos 2009-07-02/Bumi Anoa: hal 5

Andolo- Mendapat predikat peduli terbaik sebagai kabupaten peduli lingkungan darui pusat, Dinas Kehutanan Konsel terus mengaplikasikan program pro pelestarian. Terbaru,instansi yang berada dalam kendali Muhlis M itu, mengelola mangrove (bakau) berbasis kemasyarakatan dengan model pembangunan onsite.

Selasa (30/6) lalu, Direktur Bina Rehablitasi Hutan dan Lahan Dephut bersama Direktur BIna Perhutanan Sosial Direktorat RPLS menghadiri sosialisasi pengelolaan mangrove lestari berbasis masyarakat di Konawe Selatan.
Uuntuk diketahui, hutan mangrove di Konsel seluas 15.963,65 hektar dan tersebar di Kecamatn Kolono, Laonti, Tinaggea, Lainea, Laeya, Palaga selatan, Lalembuu, serta Moramo. Untuk menjaga hutan mangrove itu tetap lestari.

“Jika itu mendapat perhatian pemerintah, tidak menutup kemungkinan hutan mangrove itu akan menjadi sasaran masyarakat itu di rambah,” ungkap Bupati Konsel, H Amran saat membuka sosialisasi di Aula Praja.

Menjaga kelestariannya, Pemkab Konsel telah membentuk kelompok kerja untuk meningkatkan pola koordinasi antar lembaga terkait dalam pengelolaan ekosistem mangrove yang diatur melauli SK Bupati No. 1935 tahun 2008.

“Tujuan Pokja ini adalah untuk bersama masyarakat melindungi dan melestarikan hutan mangrove”, jelasnya.

Sementara itu Kadishut Konsel Muhlis M, mengaku, ancaman kerusakan hutan manrove di Konsel tersebut dapat terjadi bila tambak, pembuatan perumahan masyarakat pesisir, termasuk pengelolaan hutan secara liar.

“Dalam dua tahun terakhir, hutan mangrove di Konsel sudah dalam penanganan bersama masyarakat. Kerusakan pun mulai termilisir”, ujarnya saat melaporkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: