Turun, Volume Ekspor Tambang Sultra

Kendari Pos 2009-06-30/Ekonomi & Bisnis Hal: 3

Kendari-  Untuk bulan Mei 2009, volume ekspor Sultra mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena sejumlah eksportir tidak melakukan ekspor di bulan Mei. Meskipun volume menurun tetapi nilai ekspor mengalami kenaikan, karena jenis komoditi yang dikirim adalah fero nikel bukan biji nikel.

Dari data tercatat di Disperindag Sultra, ekspor nikel April lalu, mencapai 260.980 ton dengan nilai 4.273 US $. Sementara di bulan Mei hanya 164.301 ton dan nilainya mencapai 17.287 US$.

“Dari data tersebut menunjukkan pada penurunan volume pengiriman hasil tambang sekitar 3,04 persen. Sementara kenaikan nilai ekspor sekitar 300 persen”, ungkap Kasubdin Perdagangan Luar Negeri (PLN), Diseperindag Sultra, Sahibo M.SE, kemarin.

Meskipun volume ekspor masih rendah, namun nilai ekspor masih tinggi yakni adanya peningkatan 300 persen. Kenaikan ini terjadi karena rata-rata jenis komoditi yang diekspor adalah fero nikel. Sementara sebelumnya meskipun volume besar namun jenisnya adalah bijih nikel yang nilai jualnya lebih rendah.

Nilai jual fero lebih tinggi karena berbentuk nikel, sementara biji nikel masih bercampur dengan tanah dan masih melalui beberapa tahapan lagi untuk diproses dalam industrilisiasi.

Sementara untuk bulan Juni dari sejumlah perusahaan tambang di daerah ini, yang baru melaporkan realisasi ekspornya baru PT Arga Morini. Selebinhya baik Antam dan yang lain belum melaporkan ke Disperindag Sultra.

Kemudian untuk jenis komoditi lain baik perkebunan maupun perikanan tidak dilaporkan ke Disperindag. Sebagian diantaranya di ekspor, namun tidak melalui pintu Sultra, sehingga tidak terdata di Disperindag.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: