Tiga Daerah Memiliki Tanaman Rakyat

Media Sulta 2009-06-30/Ibukota hal:6

Pengelolan Hutan

Kendari- Tiga daerah di Sultra masing-masing Kabupaetn Konawe Selatan, Kolaka, dan Kabupaten Buton Uta, telah memiliki Hutan Tanaman Rakyat (HTR). Luas HTR sesuai PP No. 6 Tahun 2007 Jo PP No. 3 2008 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan, serta Pemanfaatan Hutan, luasan HTR, yakni Konsel 9000 hektar, Kolaka 24.317 ha, dan Butur 17.040 ha.

Menurut Wakil Kepala Dinas Kehutanan Sultra, Abdl. Haris, bahwa dari tiga kabupaten yang ditetapkan memiliki HTR, baru Konsel yang telah memiliki Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (IUPHHK).

Sedangkan Kolaka baru tahap pengusulan, dan Butur baru kelaur SK penetapan HTR.

“Sekitar 4000 hektar luasan izin pengelolaan HTR di Konsel dikelola oleh Koperasi Hutan Jayat Lestari”, ungkapnya.

Sementara itu, Abd Rahim Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kolaka, mengungkapkan dari 621.007, 03 luas hutan di Kolaka, 24.317 ha adalah kawasan HTR.

Menurut dia, sampai sekarang telah diusulkan 66 kelompok tani untuk mendapatkan IUPHHK yang tersebar 10 kecamatan melaui koperasi Wonua Forestry Mekongga.

Secara nasional, pemerintah pusat telah menetapkan 251.018 ha luas hutan sebagai hutan pencadangan HTR sesuai SK pencadangan yang tersebar di 38 Kabupaten.

Daru jumlah tersebut yang telah terbit SK IUPHHK -HK-HTR baru di empat kabupaten yakni Mandailing Natal, Sumatera Utara, Kabupaten Sarolangun, Kotawaringin Barat Kalbar dan Konawe Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: