Gempa 3,9 SR di Teluk Kendari

Antara news 2009-06-30/Peristiwa

Kendari-  Gempa bumi berkekuatan 3,9 SR terjadi di Teluk Kendari, sekitar 15 kilometer dari Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisikan (BMG) Perwakilan Kendari, Sukadi kepada ANTARA mengatakan, gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 12.48.21 Wita pada posisi 3,96 LS dan 122,62 BT.

Gempa yang berdurasi II MMI itu tepatnya terjadi di Teluk Kendari sekitar kawasan Pantai Toronipa, Kabupaten Konawe yang berbatasan dengan Kota Kendari, dengan kedalaman gempa sekitar 10 kilometer di bawah laut.

“Gempa ini merupakan gempa tektonik biasa akibat patahan jalur Lasolo yang merupakan jalur tektonik di Palu, sulawesi Tengah,” ujar Sukardi.

Getaran gempa bumi yang berdurasi sekitar II MMI ini dirasakan oleh warga Kota Kendari, namun tidak membuat panik warga karena getaran yang ditimbulkan tidak terlalu keras dan tidak lama waktunya sekitar lima detik.

“Getaran gempa ini tidak terlalu kuat dan tidak lama berlangsung karena getarannya hanya tampak pada kaca-kaca jendela rumah dan rak piring bergetar,” ujar Hidayati, salah seorang warga Kota Kendari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: