Dishut, Diskusi Bahas HTR

Media Sultra 2009-06-30/Ibukota hal 6

Kendari-  Dinas Kehutanan Sultra (29/6), menggelar workshop dan diskusi yang membahas tentang percepatan pembangunan Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Workshop tersebut dihadiri oleh pembicara, Dendi Yunus dari Badan Pengelolaan Hutan Wilayah XV Makassar Kadishut Kabupaten Kolaka Abd Rahim dan unsur Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) pemerhati lingkungan.

Acara tersebut berlangsung di Hotel Imperial yang diikuti oleh Dinas Kehutanan Kabuapten Kolaka, Konsel, Buton Utara, Lembaga penyuluhan pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Sultra, LSM Jaringan Masyrakat Pelestari Sumber Daya Masyarakat Pedalaman dan Pesisir (Lepmil), LSM Jaringan Alam Untuk Hutan (JAUH), Koprasi Hutan Jaya Lestari (HHL), selaku pengembang program tersebut, dan pihak terkait lainnya.

Tema dari workshop adalah tentang bagaimana tata cara pengembangan Hutan Tanaman Rakyat (HTR), khususnya dalam permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) HTR.

Menurut wakil ketua KHJL, Abd. Maal, IUPHHK sangat penting bagi kelompok-kelompok pengembang HTR yang akan menjadi kejelasan hukum dalam pengelolaannya.

Namun, untuk mendapatkan IUPHHK membutuhkan proses panjang, banyak langkah-langkah yang harus dilalui. Sebelumnya, harus dibentuk kelompok usaha, membentuk koperasi, kemudian berkoordinasi dengan perangkat desa, menyampaikan pada pemerintah daerah, disampaikan ke pusat, lalu dilakukan peninjauan , dan masih banyak prosedur lain yang harus dilalui.

Berdasarkan pengembangan yang dilakukan oleh KHJL di Kabupaten Konsel, saat ini yang menunjukkan hasil barulah Hutan Milik Masyarakat, sedangkan HTR belum dapat dilihat hasilnya.

“Proses yang lama menghambat pengembangan HTR itu sendirri, dan aturan dari pemerintah yang terlalu bertele-tele”, ungkap Asri kepada Media Sultra.

Untuk itu, harus ada kelembagaan yang kuat dan pendamping kelompok usaha tersebut agar kelompok usaha tetap solid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: