Unhalu Gelar Go Green Kampus

Kendari Ekspres 2009-06-29/Kota Ekspres: hal 8 

Kendari- Menyadari pentingnya fungsi hutan , Rektor Unhalu Prof Dr Ir Usman Rianse MS bersma menggalakkan gerakan penghijuan kampus yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu setiap pekannya.

Bahkan untuk mensukseskan gerakan ini., telah lahir komunitas go green yang dinamankan Laskar Hijau. Menurut  Prof Usman Rianse, cikal bakal gagasan ini lahir tidak terlepas dari hasil pengamatan pelaksanaan project penghijaun selama ini, dimana sebagian besar pelaksananya cendrung lebih mengedenpankan keuntungan material ketimbang hasil maksimal dan nilai sosial lingkungan yang akan ditimbulkan oleh project itu sendiri.

“Kita mau menghijaukan seluruh ruang kosong di sekitar Unhalu, semenatara dana yang tersedia, sangat kecil, kenapa bukan kita sendiri yang berbuat. Sekalipun dananya kecil tetapi area yang tertanami bisa mencapai 5-6 Ha,” ungkapnya, Minggu (28/6).

Prof Usman Rianse berharap gerakan ini akan menghasilkan output yang sangat maksimal dalam menghijaukan kawasan kampung Unhalu.

Ditambahnkan, gerakan penghijauan kampus menggunakan bibit jati lokal, sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan jati lokal yang saat ini diambang kepunahan.

“Jati lokal yang kita miliki sangat spesifik dan berbeda dengan jati di daerah lain, makanya Unhalu ingin melestarikan dan mengembangkannya, sehingga suatu saat hutan Unhalu bisa menjadi laboratorium alam,” katanya.

Menurutnya penanaman pohon jati ini akan tetap berlangsung samapai seluruh ruang kosong di sebelah kanan dan belakang kampus terisi. “Menanam pohon ini bukan untuk kepentingan saya, bahkan kalau gerakan ini berhasil mungkin saya sudah tua atau juga mungkin telah menghadap kepada Allah, tetapi pahala bagi siapa saja yang menghirup oksigen dari pohon-pohon ini akan terus kita dapatkan,” paparnya.

Sementara itu Ketua Relawan Laskar Hijau Laode Abd Syukur SPd MHum menyatakan program go green ini telah berjalan sekitar tiga minggu dan telah melakukan penanaman pohon jati kurang lebih 2000 pohon. Bibit jati lokal tersebut ditanam di seluruh areal kampus dan saat ini sementara dipusatkan di sebelah depan (sebelah barat ) kampus.

“Gerakan penanaman pohon ini adalah terbuka bagi siapa saja ingin menjadi relawan, walaupun saat ini yang terlibat adalah hanya beberapa orang dari civitas akademik, termasuk pak Rektor setiap hari sabtu dan Ahad datang berpartisipasi, kedepan tentunya kita harapkan relawan ini bisa bertambah mulai dari kalangan tenaga pengajar, pegawai dan mahasiswa,” tutur Syukur.

Aktivitas relawan tidak sebatas melakukan penanaman tetapi juga melakukan pemeliharaan sehingga dapat dipastikan bahwa pohon ini tumbuh dengan baik.

“Untuk menjaga agar apa yang telah di tanam ini tetap terpelihara dengan baik oleh setiap relawan bertangung jawab pada satu sampai tiga baris, misalnya kalau tidak hujan menyiramnya, memantau dan membersihkannya, semua ini lagi-lagi tergantung kerelaannya masing-masing,” ujar Syukur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: