JK larang Asing Kuasai Tambang Emas

Media Indonesia 2009-06-29/News up Date

Kendari-  JK kembali menegaskan untuk masa mendatang tambang emas tidak boleh lagi diserahkan ke perusahaan asing tetapi harus diserahkan kepada perusahaan nasional.

Senin (29/6), dalam  rapat koordinasi pembangunan kelistrikan pemanfaatan aspal Buto, ekspor rotan, dan percepatan infrastruktur di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), JK menyatakan tambang emas harus diberikan pada perusahaan nasional.

Menurut JK, soal pertambangan emas hanya ada dua pilihan. Pertama, kalau mau ada pemerataan maka diserahkan kepada tambang rakyat. Namun, tambah Wapres, efeknya lingkungan hancur.

Yang kedua, katanya, memberikan hak kepada tambang besar atau asing tetapi efeknya tak ada pemerataan. “Dan kalau dikasih ke perusahaan asing, kita marah-marah terus sepanjang tahun. Dan kita tak tahu berapa yang diambil mereka,” kata Wapres.

Oleh karena itu, kata dia, sekarang pilihan yang akan diambil yang mana. Namun, tambah Kalla, pengalaman selama ini dengan tambang asing yang terjadi justru konflik berkepanjangan.

Solusinya adalah memberikan kepada rakyat atau perusahaan nasional tetapi dengan perbaikan di bidang teknologinya.

“Nanti kita bikin tim untuk bikin pola pertambangan rakyat dan tambang besar. Tapi bupati jangan berikan izin terus menerus,” kata Kalla. Sulitnya itu, lanjut Wapres, kalau mau pilkada izin keluar terus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: