Bombana Diberi Kartu Merah

Kendari pos 2009-06-29/Bumi Anoa hal 5

Dalam Pencapaian Pembangunan

Kasipute-  Pemkab Bombana masih perlu melakukan pembenahan dan peningkatan pembangunan pada segala bidang. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Millenium Develompment Goals (MDGs), dimana 50 persen pencapaian pembangunan di daerah penghasil emas itu mendapat kartu merah.

Koordinator MDGs Nasional, DR. Aga, mengungkapkan 50 persen pencapaian pembangunan dengan nilai memprihatinkan itu di antaranya adalah penanggulangan kemiskinan, dan kelaparan.

Berdasarkan hasil data yang dihimpun MDGs (organisasi yang dibiayai UNDP salah satu badan dunia yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa)  bahwa presentase kemiskinan di Bombana tahun 2006 mencapai 46,68 persen.

Dua tahun kemudian tepatnya 2008 lalu, presentase ini menurun hingga 20,51 persen. Meski begitu, pencapaian tersebut masih dianggap rendah sebab target MDGs yang di patok adalah 7,5 persen.

Selain itu, malnutrisi anak juga memprihatinkan. Pada tahun 2006 dan 2008, Kabupaten Bombana hanya mendapatkan presentase 6,9 persen, dan 4,8 persen.

Pencapaian ini jauh dibawah standar PBB yang mematok angka 18 persen. Dosen Universitas Pattimura, Ambon serta dosen luar biasa Institut Pertanian Bogor ini menambahkan, kartu merah yang “diraih”  Pemkab Bombana adalah di bidang pendidikan dan kesehatan. Pencapaian pembangunan di dua bidang ini masih jauh dari bawah standar.

Seperti di bidang kesehatan, presentyase angka kematian bayi yang dilahirkan dan ibu yang melahirkan masih tinggi.

Selain itu, penyakit malaria dan DBD banyak ditemukan. Begitu juga dibidang pendidikan, partisipasi murni warga untuk masuk sekolah di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama masih di bawah standar.

Selain mendapat kartu merah, MDGs juga memberikan kartu kuning dan hiaju dengan kisaran pencapaian pembangunan 20 persen dan 30 persen bagi Pemkab Bombana, untuk kartu kuning di dapat dari kesetaraan gender, dan pemberdayaann perempuan, sedangkan untuk kartu hijau dari presentase kawasan hutan  yang masih terjaga,

Subhan Tambera, Wakil Bupati Bombana memberikan respon positif tehadap langkah yang dilakukan MDGs. Sebab, dari diagnosis data yang dilakukan bisa di jadikan data base atau dasar buat pembangunan Kabupaten Bombana ke depannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: