Tumpang Tindih Lahan Sultra

Kompas 2009-06-26/E-Paper hal 22 Nusantara

Kendari-  Penataan Izin Kuasa Pertambangan di Provinsi Sulawesi Tenggara perlu segera di lakukan karena banyak kasus tumpang-tindih lahan. Sampai dengan pertengahan Juni, 2009, sedikitnya terdapat 87 KP yang lahannya tumpang tindih baik antar perusahaan maupun dengan masyarakat.

Keterangan yang diperoleh, Kamis (25/6), menunjukkan bahwa Dinas Pertambangan Provinsi Sultra, sampai dengan Mei 2009 mencatat ada izin 278 KP. Lahan milik 67 KP dipastikan tumpang tindih dan seluruhnya berada di Kabupaten Konawe Utara.

Pemerintah Kabupaten Bombana mengakui, lahan yang diberikan izin kepada 14 KP emas tumpang tindih dengan tanah ulayat milik masyarakat. Di Bombana, seluruh aktiviats pertambangan emas dihentikan sampai lahan selesai.

WWF Indonesia Kendari mencatat tumpang-tindih lahan KP yang paling parah di Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe.

Lahan KP ternyata lebih luas dibandingkan dengan luas Pulau Wawonii. Total lahan yang diberikan izin kepada enam perusahaan KP mencapai 113, 457hektra. Adapun luas Pulau Wawonii hanya 77, 328 hektar. Kondisi ini memicu konflik dengan masyarakat Wawonii.

“Inilah masalah serius yang harus diselesaikan oleh pemerintah karena masyarakat terancam kehidupannya. Jangan sampai masyarakat menjadi tumbal eksploitasi tambang”, ujar Hasrul Kokoh, focal point WWF Indonesia.

Burhanuddin, Kepala Bidang Mineral, Batu Bara, Panas Bumi, dan Air Dinas Pertambangan Sultra, mengakui perlunya penertiban. Eksploitasi tambang tak bisa dilakukan selama masih ada sengketa lahan. Tumpang tindih lahan KP paling banyak di Kabupaten Konawe Utara, yakni sebanyak 67 KP bermasalah.

Slamet Rigay, Asisten III Sekertaris Daerah Bombana, mengakui munculnya timpang tindih di kawasan  pertambangan emas Tahi Ite dan Langkowala antar perusahaan KP dan masyarakat yang mengklaim lahan.

Lahan yang semula dimiliki 34 rumpun keluarga, saat ini sudah dklaim 400 rumpun kelompok yang mengaku ahli waris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: