Laju Degradasi Hutan Capai 1,08 Juta Ha Per tahun

Media Sultra 2009-06-26/Hal Utama

Baubau- Kerusakan hutan di Indonesia terbilang cukup tinggi, yakni 1,08  juta hektar per tahun. Meski dibanding dengan negara lain, angka tersebut masih tergolong tinggi.

Sehingga tak mngejutkan, pemerintah Indonesia melaui Departemen Kehutanan di setiap daerah termasuk Sultra, agar melaksanakan kegiatan reboisasi.

Menurut Kabid Kehutanan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Baubau, Ahmad Safiuddin, bahwa untuk menanggulangi kerusakan hutan Indonesia, diharapkan masing-masing  daerah termasuk kota Baubau, agar gencar melakukan kegiatan reboisasi hutan.

Di kota Baubau misalnya, untuk memaksimalkan reboisasi tersebut, diberikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dia mengakui melaui bantuan DAK, diharapkan kerusakan hutan Indonesai tak semakin parah, tapi terus diminimalisir.

Kata dia, untuk rebisasi 1 Ha hutan memerlukan dana sekitar Rp 4,5 juta. Sehingga dapat dibayangkan, jika tingkat degradasi hutan Indonesia mencapai 1,08 juta Ha pertahun, maka untuk kebutuhan reboisasi, pemerintah Indonesia mengeluarkan dana triliunan rupiah.

Kemarin (25/6), ditemui ruang kerjanya, Safiuddin, menyatakan untuk tahun 2009 ini, alokasi DAK ke kota Baubau melaui Dinas Pertanian dan Kehutanan sekitar Rp 1,169 Milyar. Sebagai stimulus, mendapat sharing dana APBD sebesar 10% dari total DAK.

Menurutnya, dana tersebut dipergunakan  untuk tiga sasaran utama. Pertama, kebutuhan penyuluh kehutanan yakni membiayai kegiatan penyuluh di lapangan. Kedua, konservasi tanah dan air. Ketiga, reboisasi dan penghijauan.

Safiuddin juga menambahkan, untuk kota Baubau, kawasan hutan yang menjadi sasaran reboisasi dan penghijauan yakni di Kecamatan Sorawolio seluas 200 Ha, diluar kawasan hutan atau hutan rakayt 40 Ha, serta hutan mangrove di Kecamatan Lea-Lea sebesar 5 Ha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: