Bekas Tambang Menjadi Perkebunan Lada

Media Indonesia 2009-06-27/e-Paper Nusantara hal 10

Lahan bekas pertambangan yang banyak ditinggalkan begitu saja oleh perusahaan pengelolanya tengah diteliti untuk dimanfaatkan menjadi perkebunan, antara lain tanaman lada.

Untuk itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perkebunan Departemen Pertanian M Syakir mengajak semua pihak untuk mempertahankan daya dukung lingkungan sekaligus memperbaiki kerusakan lahan akibat aktivitas penambang an.

‘’Bila ini terlaksana pada tanaman lada, misalnya, luas areal lada di Babel, yang tinggal 20 ribu hektare, dapat kembali menjadi 80 ribu hektare, seperti pada 2000,’’ Ucap Syakir di acara Workshop Revitalisasi Lada Putih di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), kemarin.

Selain itu, dia mengharapkan para petani dalam bertanam beralih ke pola baru, yak ni lada ramah lingkungan dengan aspek ekonomi lebih murah dan produksi lebih lama. Kerja sama yang terjalin antara Pemprov Babel dan Badan Litbang Departemen Pertanian, ujarnya, dapat ditindaklanjuti dengan program yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, Direktur Rem pah dan Penyegaran Departemen Pertanian Rizky Muis mengatakan ada empat langkah membangkitkan kembali kejayaan lada Indonesia.

Perinciannya meningkatkan produksi dan benih unggul, penggunaan pupuk dan pes tisida mandiri, memproduksi lada sehat plus pengolahan, dan pemasaran produk. Di samping itu, tersedia anggaran yang memadai.

Pada kesempatan yang sama, sekretaris workshop, Zakaria dari Dinas Bappeda Babel, mengaku menyiapkan proposal anggaran untuk revitalisasi lada yang akan disampaikan Gubernur Babel ke Menteri Pertanian Rp600 miliar untuk tiga tahun dengan dana pendamping Rp30 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: