Tim AMDAL Presentasi Efek Pengerukan Teluk

Media Sultra 2009-06-25/Hal  6 Ibukota

Kemarin tim AMDAL melakukan presentase efek pengerukan Teluk Kendari di aula  Kantor Lingkungan Hidup (BLH) kota. Presentase tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua AMDAL, IIham, dari hasil presentase diketahui, selain memiliki dampak positif, pengerukan teluk juga memiliki dampak negatif.

IIham menjelaskan, tentang efek positif dari rencana Pemkot mengeruk dan menyedot sedimentasi lumpur di Teluk Kendari, yakni mengarah pada pengembangan dan peningkatan lapangan kerja, baik dalam perakitan mesin hingga pengangkutan lumpur yang semuanya itu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama yang terlibat dalam pengerukan tersebut.

Tidak saja dampak, yang dijelaskan, tetapi Ilham juga mengungkapkan dampak negatif pengerukan teluk tersebut, yakni mengakibatkan pengurangan  dan ganguaan terhadap biota laut yang hidup di perairan teluk.

Selain itu, pengerukan teluk juga menyebabkan polusi udara akibat debu yang beterbangan dalam proses pengerukan dan pengakutan sedimen lumpur.

Menurut Ilham, pengerukan teluk ini bisa memberikan dampak sosial lainnya bagi masyarakat dan lingkungan. Namun, hal ini tidak akan mempengaruhi pelaksanaan pengerukan dan tetap berjalan.

Sementara itu, Kadis Pu Kota Kendari, Ir Samsul Bahri mengungkapkan, dua kapal penyedot lumpur masyarakat masing-masing bernama Harum “01” dan “02” tersebut sudah dalam posisi stand by dan siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat. “

“Tinggal menunggu kesepakatan waktu yang diberikan WaliKota”, ungkapnya.

Berdasarkan informasi, Minggu (28/6), rencananya dua kapal pengeruk yang dirakit diperairan Lapulu akan ditarik menuju ke kawasan teluk dekat lokasi THM Segitiga Teluk (STT).

Ditempat itulah, Pemkot akan mengawali rencana besarnya untuk lumpur yang sedimentasikan yang diperkirakan jutaan kubik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: