Limbah Batu Bara Menumpuk

Media Indonesia 2009-06-25/ Terkini

Medan-  Limbah batubara dari puluhan industri di Sumatera Utara terus menumpuk, karena pemerintah masih belum merubah penetapan limbah itu masuk dalam katagori limbah beracun (B3).

Kamis (25/6), di Medan, Ketua Asosiasi Pemakai Batubara (Apibara), Johan Brien,  menyatakan limbah sudah kian menumpuk di lokasi pabrik sekitar 30 perusahaan pengguna batubara di Sumut, sementara pengusaha bingung mau melakukan tindakan apa.

Pihaknya sudah bolak-balik meminta pemerintah memberikan solusi kepada pengusaha, karena penggunaan batubara itu merupakan usulan pemerintah sekaligus sebagai dampak ketidakmampuan pemerintah memenuhi kebutuhan gas dan listrik industri, tapi belum ada solusi.

Pertemuan terakhir dengan berbagai kalangan di Bandung, belum lama ini juga belum membuahkan hasil.

“Asosiasi akan kembali menyurati Menteri Lingkungan Hidup agar masalah limbah batubara itu dicarikan solusi mengingat masalah itu sudah sangat merisaukan,” katanya.

Ia menegaskan, akibat belum dirubahnya kategori limbah batubara itu, maka pengusaha industri pengguna batubara di Sumut tidak berani membuang limbahnya dari pabrik.

Sementara limbah yang menumpuk itu membuat kinerja industri terganggu karena sebagian lahannya dipenuhi tumpukan limbah itu.

Johan mengakui, ada pengusaha asal Jawa yang mau membeli limbah batubara itu, tapi karena harga belinya tidak sesuai biaya pengiriman atau ongkos angkut termasuk biaya berbagai izin, pengusaha batal menjual limbah tersebut.

“Mudah-mudahan KLH ada solusi terbaik sehingga pengusaha juga masih bisa leluasa menggunakan batubara ditengah belum juga adanya solusi untuk krisis energi di Sumut,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: