Tiap Malam Bom Ikan Meledak di Perairan Pariaman

Kompas 2009-06-23Hal Megapolitan

PARIAMAN  Penangkapan ikan dengan menggunakan bom masih berlangsung di perairan pantai Sumatra Barat, terutama di kawasan laut Kota Pariaman. Kasus seperti itu akan menimbulkan kerusakan terumbu karang dan berkurangnya hasil tangkapan nelayan tradisional.

Senin (22/6), Masyuri, Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pariaman, mengungkapkan bahwa penangkapan ikan dengan bom hampir setiap malam terjadi di perairan Pariaman. Akibatnya terumbu karang di kawasan itu rusak hingga 55 persen.

Kerusakan lingkungan di sektor kelautan cukup memprihatinkan sehingga hasil penelitian yang dilakukan kalangan akademisi di perairan Pariaman, diperkirakan kerusakan terumbu karang mencapai 55 persen.

Kondisi ini terjadi tidak lepas dari lemahnya penegakan hukum dan pengawasan untuk menyelamatkan potensi laut dari tindakan kejahatan yang menimbulkan kerusakan itu. Praktik penangkapan ikan dengan menggunakan bahan berbahaya itu, jaraknya dari bibir pantai berkisar empat hingga lima mil laut.

“Memang sudah terbentuk kelompok pengawas yang terdiri dari masyarakat kawasan pantai, namun sarana untuk patroli tidak ada. Aksi ilegal fishing sering ketahuan nelayan tradisional tetapi bagaimana mengatasinya?” katanya.

Keterangan juga di terima dari Mukhlis R, Wali Kota Pariaman bahwa masih adanya aksi kejahatan di sektor kelautan daerah itu, bukan saja ulah nelayan setempat tetapi nelayan dari Padang, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, bahkan ada dari Sibolga Sumatra Utara.

Para nelayan yang membom ikan itu, katanya, mengambil jalan pintas untuk mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak sehingga mengabaikan kerusakan terhadap terumbu karang di perairan itu.

Nelayan tidak memikirkan bagaimana untuk anak-cucu atau generasi mendatang, akibatnya penangkapan ikan itu menimbulkan kerusakan pada terumbu karang. Padahal merupakan tempat bersarang ikan,”jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: